Return to site

6 Hal Ini Harus Dilakukan Oleh Pengajar Selama Pembelajaran Online

· Tips Pembelajaran

Menjalankan metode pembelajaran online membutuhkan proses yang panjang dan membutuhkan ketekunan baik oleh guru maupun pelajar. Namun, jika melihat dari sisi pelajar, maka seorang pengajar haruslah memberikan materi secara kreatif untuk meningkatkan minat belajar semua pelajar. Apabila Anda sebagai pengajar tidak memperhatikan hal tersebut, maka metode pembelajaran online yang Anda jalankan akan meningkatkan kebosanan pelajar. Ketika pelajar bosan, maka Anda akan mengalami kesulitan untuk membuat pelajar mudah dalam menerima dan mengingat materi yang Anda berikan. Berikut adalah beberapa tips untuk mulai memaksimalkan proses pembelajaran online di kelas Anda

1. Buatlah proses pembelajaran yang interaktif

Hanya karena pembelajaran online terjadi dari jarak jauh tidak berarti itu impersonal. Gunakan obrolan teks atau suara untuk berkomunikasi dengan siswa Anda dan dorong mereka untuk berbicara satu sama lain. Bahkan selama kuliah, Anda dapat menggunakan alat seperti polling atau vote sederhana untuk "setuju" atau "tidak setuju" atau "mengerti" atau "tidak mengerti" untuk melibatkan siswa dan menyesuaikan pelajaran Anda dengan pemahaman mereka.

2. Biarkan siswa mengatur kecepatannya sendiri

Beri mereka kendali atas bahan pelajaran mereka. Siswa harus dapat mengakses konten baik dalam membaca artikel, memutar video, mengerjakan soal, memutar ulang rekaman pelajaran kapan saja. Dengan begitu, mereka dapat menghabiskan waktu ekstra untuk pelajaran jika diperlukan. Namun, penting bahwa mereka memiliki beberapa gambaran besar, tenggat waktu patokan dalam pikiran untuk menjaga mereka di jalur untuk menyelesaikan kursus.

3. Tanggapi dengan cepat

Tanggapan cepat ke email siswa dan umpan balik yang cepat tentang tugas adalah cara Anda hadir di kelas online. Dengan adanya tanggapan yang cepat dan responsif, pelajar akan merasa bahwa mereka belajar sama seperti saat mereka mengikuti kelas offline.

4. Berkomunikasi secara informal

Komunikasi Anda dengan siswa Anda tidak boleh kaku atau formal hanya karena Anda melakukannya secara tertulis. Jadikanlah kelas sebagai percakapan yang lebih santai. Keluarkan kepribadian Anda.

5. Manfaatkan media sebaik mungkin

Pembelajaran secara online berarti Anda dapat menggunakan semua jenis media mulai dari penggunaan gambar, video, animasi, grafik, audio, game dan sebagainya untuk menyampaikan konten, meningkatkan pemahaman siswa, dan membuat pelajaran lebih menarik. Pastikan Anda memilih media yang melayani pelajaran, bukan sebaliknya.

6. Mendorong kerjasama

Siswa akan lebih terlibat jika mereka mendapat kesempatan untuk terhubung satu sama lain, secara akademis dan sosial, tetapi ini dapat menjadi tantangan untuk dilakukan secara online. Coba berikan tugas yang menuntut kolaborasi. Dan biarkan mereka mengobrol dengan teman-teman sekelasnya untuk menyelesaikan materi yang mereka hadapi.

Ilustrasi (c) Unsplash.com