Return to site

Pentingnya Keterlibatan Mahasiswa di Perguruan Tinggi

· e-Learning Indonesia

Penelitian menunjukkan bahwa siswa yang merasa kurang tertantang dengan materi pelajaran dan kurang terlibat oleh pengajar mereka dapat berisiko cenderung ke arah keterlambatan, ketidakhadiran, dan akhirnya, putus sekolah. Semakin hari, banyak institusi mengkhawatirkan dampak ekonomi dari universitas dan perguruan tinggi. pengurangan siswa karena hilangnya pendapatan dan biaya kuliah. Tetapi para siswa sendiri yang paling menderita ketika kita mempertimbangkan seberapa banyak karier, status sosial, atau posisi dalam komunitas seseorang dapat secara langsung dikaitkan dengan kepemilikan gelar atau sertifikat. Mari kita lihat lima strategi dan aktivitas online yang dapat digunakan pengajar untuk meningkatkan keterlibatan siswa di pendidikan tinggi.

1. Memberikan tantangan kepada siswa

Baik itu mahasiswa atau mahasiswi, gabungkan mereka ke dalam forum diskusi dan sering-seringlah memposting topik untuk didiskusikan. Teknologi seperti sistem manajemen pembelajaran memungkinkan pemantauan ketat terhadap pembelajaran yang sedang berlangsung. Umpan balik teks atau video adalah cara yang menarik untuk berkomunikasi dengan pelajar dan membangun jaringan kolaborasi dengan mereka. Memberikan umpan balik yang relevan di awal pembelajaran akan membuat siswa terbiasa dengan cara kerja pembelajaran online. Pelajar akan lebih terlibat dan termotivasi lebih baik untuk berinteraksi dengan konten pembelajaran jika pengajar mereka menanyakan pendapat mereka dan secara umum peduli tentang apa yang mereka katakan.

2. Dorong penggunaan media sosial

Saluran media sosial adalah tempat yang dilakukan oleh kebanyakan siswa menghabiskan waktu mereka. Percakapan berharga dan kesempatan untuk belajar dapat terjadi di tempat-tempat ini, semudah di dalam kelas. Anda dapat mencari dan berbagi konten yang relevan secara langsung dengan pelajar melalui media sosial. Buat tagar untuk membantu siswa mengikuti diskusi online di platform seperti Twitter. Namun, tentu saja, kehati-hatian harus diambil untuk memastikan bahwa kebijakan kelembagaan diikuti untuk menangani masalah keamanan dan privasi.

3. Jelaskan tentang bagaimana dan kapan harus menghubungi

Pastikan siswa Anda mendapat informasi yang baik tentang kapan Anda tersedia untuk jam kantor virtual dan respons komunikasi asinkron. Tentu saja, alamat email sangat bagus bagi siswa untuk dijadikan sebagai jalur komunikasi yang sederhana, tetapi Anda juga dapat mendorong siswa untuk berbagi informasi satu sama lain di forum diskusi dan umpan aktivitas. Bangun komunitas digital di mana pertanyaan yang sering diajukan dapat ditangani dan di mana siswa mengetahui untuk secara konsisten mencari jawaban. Sekali lagi, penting bagi pengajar untuk memoderasi diskusi ini untuk memastikan bahwa informasinya benar, serta untuk mengidentifikasi siswa yang mungkin melakukan pekerjaan luar biasa.

4. Gunakan otomatisasi untuk memantau kemajuan dan berkomunikasi dengan siswa

Pengajar dapat mengatur kondisi konten sehingga peserta didik diharuskan menyelesaikan tugas tertentu (seperti menonton video atau mengirimkan kuis) sebelum mengakses konten tambahan. Mereka dapat mengirimkan dorongan untuk pekerjaan yang luar biasa serta saran untuk perbaikan kepada pelajar. Teknologi hadir untuk membantu pengajar memberikan intervensi dan aktivitas tambahan untuk meningkatkan keterlibatan siswa online secara lebih tepat waktu dan personal.

Ilustrasi (c) Unsplash.com