Return to site

Perkembangan e-Learning Dapat Menunjang Keberhasilan Pembelajaran Secara Menyeluruh

 

· Teknologi Pendidikan

Dalam hal pendidikan digital, polanya cukup sederhana, hingga tahun 2000-an pembelajaran terjadi di kelas dan pembelajaran dipimpin oleh guru. Kehadiran secara fisik adalah suatu keharusan, dan setiap bentuk pendidikan lainnya diragukan. Kemudian perkembangan teknologi terjadi, dan sisanya tinggal sejarah.

E-learning adalah segala bentuk pembelajaran "yang dilakukan melalui media elektronik, biasanya Internet" dan merupakan industri yang berkembang pesat mencakup universitas dan lembaga lainnya. Ini berfokus pada pemanfaatan pengetahuan pengajar sedemikian rupa sehingga pembelajaran akademik dapat disampaikan kapan saja dan di mana saja. Sampai saat ini, e-learning telah terbukti sangat berharga bagi mereka yang memahami nilainya. Pembelajaran ini memberikan kesempatan untuk mencapai hasil yang luar biasa dengan biaya lebih rendah dan di institusi terkenal. Sehingga, e-learning telah berhasil merevolusi sistem pendidikan konvensional.

Ada banyak sistem dan metode e-learning (dikenal sebagai Learning Management System) yang dapat digunakan untuk memberikan pembelajaran online. Dengan alat yang tepat, berbagai proses dapat diotomatisasi seperti menberi nilai atau memposting materi untuk pelajar. E-learning berkali-kali menjadi solusi paling terjangkau untuk menyesuaikan pengalaman belajar dengan gaya hidup individu yang kelebihan beban/biaya pendidikan, yang mana dengan secara efektif memungkinkan setiap orang untuk mendapatkan kualifikasi dan peningkatan keterampilan dalam karier mereka.

Dalam dunia e-learning yang terus berkembang, kemungkinan teknologi untuk membuat pembelajaran online yang diperbarui, inovatif, dan menarik. Pada dasarnya, penting dalam kasus ketika pembelajaran e-learning diberikan kepada para pelajar dan pengajar. Oleh karena itu, banyak lembaga saat ini menawarkan pelatihan melalui pelatihan e-learning dengan alasan lain juga mencakup kemungkinan untuk belajar dengan nyaman baik di sekolah atau rumah mereka dan biaya rendah.

Sekali lagi, ini bukanlah akhir dari pendidikan online, tetapi ini merupakan awal dari implementasi e-learning secara massif. Wabah COVID-19 mengencangkan pertumbuhan e-Learning di seluruh dunia, sayangnya, untuk negara berkembang dan kecil, e-Learning ini menjadi tidak begitu berjalan dengan baik karena minimnya pengetahuan dan kesiapan dari lembaga. Bukan berarti pendidikan dan sistemnya yang gagal, hanya saja metode pendidikan ini masih terlalu asing. Seiring dengan perjalanan waktu, maka kedepannya pendidikan online ini akan menjadi metode pendidikan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan semua sekolah, pengajar dan pelajar.