Return to site

3 Hal Yang Harus Diluruskan Dalam Teknologi Pendidikan

· Education Technology

Teknologi merupakan bagian dalam segala hal yang memang harus dimanfaatkan secara maksimal untuk kepentingan positif. Dalam pendidikan, teknologi dikenal dengan sebutan Education Technology (EdTech) yang kehadirannya dapat memudahkan pelajar maupun pengajar untuk menerima setiap materi pendidikan. Namun, banyak pihak sekolah yang salah kaprah dan cenderung menolak untuk menggunakan teknologi yang sebenarnya sudah sangat dibutuhkan untuk pengembangan potensi pelajar melalui pendidikan. Bagi Anda baik kepala sekolah maupun pimpinan lembaga yang menolak kehadiran teknologi, berikut adalah beberapa cara yang dapat Anda lakukan agar dapat menggunakan EdTech dengan benar.

1. Mengubah persepsi negatif terhadap teknologi

Peran guru sangat penting dalam pendidikan baik itu yang menerapkan metode pembelajaran tradisional maupun yang sudah menggunakan e-Learning. Teknologi bukanlah untuk menggantikan peran seorang guru, tetapi untuk memberikan bimbingan kepada pelajar dengan maksimal. Untuk itu, Anda sebagai pejabat sekolah/kampus wajib mengubah persepsi teknologi untuk pendidikan yang bukan untuk menggantikan peran pengajar. Jika Anda selalu menganggap bahwa teknologi hanya akan mengambil alih peran pengajar, maka selamanya kampus/sekolah Anda tidak akan dapat bersaing dikarenakan kualitas pendidikan di kampus/sekolah Anda ketinggalan zaman.

2. Teknologi meningkatkan pembelajaran berbasis data

Setiap data yang dimiliki oleh kampus/sekolah memiliki peran penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Jika Anda masih menyimpan data dengan metode tradisional, Anda akan kesulitan untuk mengidentifikasi kualitas pelajar. Tanpa adanya data dan sistem yang dapat menganalisa data melalui teknologi, upaya untuk melakukan pembelajaran yang terpadu akan sulit. Begitu pula untuk mengidentifikasi siswa/pelajar yang mengalami kesulitan dalam mengikuti materi. Jika sudah demikian, maka akan ada banyak pelajar/mahasiswa yang tidak mendapatkan pelajaran dengan maksimal.

3. Kurikulum yang mendukung teknologi

Kurikulum pendidikan menjadi pedoman semua lembaga pendidikan. Kehadiran kurikulum yang memberikan terhadap adopsi EdTech sangat penting agar semua sekolah/kampus lebih siap untuk menggunakan teknologi dalam bagian pembelajaran. Jika ada pihak yang membatasi keberadaan teknologi dalam dunia pendidikan, maka kemajuan pendidikan kita pun perlu dipertanyakan.

Itulah beberapa hal yang perlu diluruskan kembali ketika akan mengguanakn EdTech di kampus/sekolah Anda. Semoga artikel ini dapat membuka dan memperbaiki sudut pandang Anda terhadap kehadiran teknologi dalam pendidikan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com