Return to site

3 Tips Meningkatkan e-Learning Melalui Video Learning

· e-Learning Indonesia

Pernahkah Anda melihat video atau ulasan pelatihan namun tidak dapat menyampaikan materi apa pun? Hal ini juga dapat membuat pembelajaran online yang tidak baik bagi siswa di seluruh dunia. Karena Anda sudah mengerti dan sering/pernah melihat banyak materi pembelajaran yang kurang baik di luar sana, Maka dari itu, kami dari AkuBelajar.ID akan memberikan beberapa kiat tentang cara meningkatkan pembelajaran online. Meskipun tips-tips ini takan lebih mengarah pada materi pembelajaran yang berbasis video, Namun, tips ini juga dapat diterapkan pada pembelajaran berbasis teks dan audio. Berikut adalah 3 tips untuk meningkatkan e-Learning dan pembelajaran online di instansi Anda.

1. Beri tahu pelajar apa yang akan Anda bahas pada video

Pelajar perlu mengetahui tentang apa isi materi pada video tersebut. Jangan mengoceh selama 120 detik untuk pendahuluan yang membosankan atau memiliki pendahuluan yang panjang dan kemudian beralih ke konten Anda. Sebaiknya, persingkat pendahuluan Anda dan tuntun pelajar untuk membuka materi pada buku pelajaran dan kemudian jelaskan sebagaimana cara Anda menjelaskan materi secara offline.

2. Langsung ke intinya

Ini adalah salah satu masalah terbesar dengan prevalensi dalam video learning. Banyak orang tidak mempersiapkan materi mereka sebelum menekan tombol rekam. Mereka hanya berbicara sesuka hati dan lupa diri. Meskipun itu mungkin lebih mudah bagi pembuat konten, hal itu membuat pelatihan video membosankan untuk dilihat. Kami telah menemukan bahwa sering kali orang tidak mengerti apa yang akan mereka katakan, juga tidak benar-benar mengerti apa yang diharapkan dari konten. Berikut beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar Anda lebih mudah untuk membuat video learning agar lebih cepat ke intinya:

  • Buat poin utama dari keseluruhan materi Anda pada video tersebut.

  • Bangun poin pendukung yang semuanya mengarah ke inti materi

  • Buat setiap poin singkat namun mudah untuk dipahami pelajar

3. Berlatih dan sampai Anda merasa nyaman untuk menyampaikan materi melalui video dan pelajar merasa nyaman dengan video yang Anda berikan

Meskipun tren online dianggap dapat menghilangkan kualitas dan profesionalisme dalam pendidikan di Indonesia, tentu saja masih sangat penting untuk mempraktikkan materi Anda. Itu artinya Anda juga harus memastikan bahwa video yang Anda rekam sudah berada pada kualitas gambar dan fokus yang baik yang dapat dilihat oleh pelajar melalui berbagai media. Ingat, jika tujuan Anda adalah untuk mengajarkan sesuatu, maka Anda harus membuatnya sejelas dan sesingkat mungkin.

Ilustrasi (c) Unsplash.com