Return to site

4 Cara Memaksimalkan Teknologi Untuk Pendidikan

· e-Learning Indonesia

Dengan begitu banyak jenis teknologi pendidikan yang tersedia, menemukan yang terbaik dan menerapkannya di kelas bisa terasa luar biasa bahkan dapat menjadi pilihan yang sulit bagi Anda yang baru mulai mengimplementasi teknologi untuk sekolah/kampus Anda. Pada artikel kali ini, kami melihat beberapa praktik terbaik di dunia EdTech yang dapat Anda sesuaikan dengan gaya Anda. Teknologi yang disebutkan adalah alat dan aplikasi yang dapat membantu mendukung Anda dalam mencapai beberapa manfaat yang diuraikan dalam menunjang keberhasilan pendidikan termasuk dalam penggunaan sistem LMS.

1. Fokus pada konten yang akan Anda berikan kepada pelajar, bukan alat

Daripada membuat diri Anda stres karena mencoba mempelajari setiap alat, fokuskan pada bidang subjek Anda. Subjek ini adalah konten yang akan Anda berikan kepada para pelajar. Jika Anda terlalu fokus pada alat, maka alat apa pun akan tidak akan cocok karena terlalu banyak fitur yang ingin Anda dapatkan. Jadi, fokus pada konten yang akan Anda berikan kepada pelajar.

2. Ingat maksimalkan apa yang ada dan benar bukan karena saran yang akan membuat Anda gagal fokus

Dengan EdTech baru yang terus tersedia pembaruan setiap saat, Anda dapat dengan mudah merasa kewalahan untuk mencoba mengikutinya. Namun, ada alasan mengapa sumber dan pendekatan yang terbukti benar dan bertahan. Jadi, jika Anda sudah memiliki teknologi untuk digunakan dan nyaman bagi Anda, maka gunakanlah platform tersebut.

3. Memberikan pilihan untuk siswa

Membawa siswa Anda dalam menemukan teknologi baru dan yang dapat diterapkan dapat bermanfaat bagi semua orang yang terlibat adalah hal yang penting. Namun jangan pernah mengubah-ubah sistem LMS tanpa meminta masukan kepada siswa. Maka dari itu, ada kalanya Anda harus meminta pilihan kepada pelajar untuk meminta masukan terhadap penggunaan platform.

4. Selalu memiliki rencana, karena ada kalanya teknologi tidak berjalan semestinya

Terlepas dari rencana yang paling baik, terkadang Wi-Fi atau aplikasi terputus dan sebagainya. Jika hal ini terjadi, sangat penting untuk memiliki rencana cadangan, baik untuk kemampuan Anda melakukan pekerjaan dan untuk menjaga siswa tetap terlibat dalam proses pendidikan.

5. Mendokumentasikan proses pembelajaran dan jadikan bahan evaluasi

Di dunia yang berorientasi digital ini, ada banyak sumber daya menarik yang dapat Anda gunakan untuk mendokumentasikan pekerjaan siswa yang menonjol. Dokumentasikan proses pembelajaran ini dapat dilakukan untuk menjadi evaluasi bersama antara Anda dengan pelajar, bagi pelajar dan orang tua serta bagi orang tua dan pengajar. Dokumentasi juga dapat dilakukan untuk mengatasi segala kesulitan dalam proses belajar berbasis digital.

Ilustrasi (c) Unsplash.com