Return to site

4 Hal Yang Dapat Mendukung Siswa Dalam Pembelajaran Online

· Blended Learning

Ini dapat menjadi tantangan bagi siswa untuk beralih ke pembelajaran online. Salah satu hambatan terbesar adalah keterlibatan. Sementara pembelajaran online pasti bisa seefektif pengajaran tatap muka (dan kadang-kadang bahkan lebih efektif), pindah ke model virtual harus melibatkan lebih dari pra-rekaman kuliah atau mereplikasi kegiatan di kelas dengan konferensi web. Anda harus merancang pengalaman belajar online yang membuat siswa terus terhubung, terlibat, dan terlibat. Posting blog ini menguraikan empat tips yang dapat membantu meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran online.

 

1. Kembangkan Rencana Komunikasi yang Jelas

Komunikasi sangat penting untuk memfasilitasi keterlibatan online. Manfaatkan teknologi Anda dengan menggunakan berbagai cara, seperti:

  • Email: Memungkinkan percakapan pribadi dan pribadi antara Anda dan siswa tertentu. Ini sangat berguna untuk mengatur janji temu atau menjawab pertanyaan.
  • Jam kantor virtual: Sesi satu lawan satu atau kelompok memungkinkan siswa meminta umpan balik tambahan mengenai tugas dan meminta klarifikasi.
  • Pengumuman: Gunakan sistem manajemen pembelajaran (LMS) Anda untuk mengomunikasikan pembaruan kursus, perubahan, dan informasi baru kepada semua siswa Anda.
  • Umpan balik video dan audio: Berikan umpan balik yang dipersonalisasi kepada siswa dengan merekam video pendek tentang proyek atau tugas kelas yang mereka kirimkan.

Penting juga untuk diingat, terutama di lingkungan online, bahwa Anda ingin membuat ekspektasi dan tujuan pembelajaran sejelas mungkin. Ini dapat memberi siswa Anda bimbingan yang berharga dan membantu mereka mencapai definisi sukses kelas Anda.

 

2. Ambil Pendekatan Bichronous

Pembelajaran online bichronous memungkinkan siswa untuk berpartisipasi di kelas baik secara sinkron maupun asinkron:

  • Pelajaran sinkron dapat memasukkan lebih banyak waktu tatap muka ke dalam pengajaran Anda. Misalnya, Anda mungkin ingin menjadwalkan beberapa jam selama seminggu untuk bertemu dengan siswa menggunakan teknologi konferensi web. Ini sangat berguna ketika Anda sedang mengajarkan materi yang membutuhkan umpan balik, diskusi, atau klarifikasi segera agar siswa tetap pada jalurnya.
  • Pembelajaran asinkron dapat membantu siswa tetap terlibat dalam pembelajaran mandiri. Mereka dapat menonton video, menyelesaikan bacaan, atau memposting diskusi sebelum atau sesudah pelajaran waktu nyata mereka. Hal ini memungkinkan siswa untuk mempertimbangkan dan merefleksikan pembelajaran mereka dengan kecepatan mereka sendiri.

 

Rasio pembelajaran sinkron ke asinkron akan bervariasi antar kursus. Menggunakan metode gabungan ini dapat membantu Anda mewujudkan yang terbaik dari kedua metode pembelajaran. Ini dapat memberi siswa rasa keterhubungan yang lebih besar dan dapat mendukung peningkatan hasil belajar.

 

3. Memberikan Kesempatan untuk Interaksi Informal

Pergeseran dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran online tanpa rencana proaktif dapat berdampak pada aspek sosial pembelajaran. Itulah mengapa Anda harus bekerja untuk mengintegrasikan interaksi siswa-ke-siswa dalam pelajaran, terutama ketika mereka mungkin tidak dapat terhubung secara langsung. Manfaatkan LMS Anda untuk membuat interaksi tersedia dan sesuai permintaan untuk pelajar:

  • Jadikan umpan balik rekan sebagai bagian dari kursus Anda untuk memberi siswa kesempatan belajar baru bagi pemberi dan penerima umpan balik.
  • Berikan kesempatan kepada kelompok untuk bekerja sama dalam proyek dan tugas kelas untuk mendorong kolaborasi.
  • Gabungkan komunikasi online melalui papan diskusi atau media sosial untuk mempromosikan sosialisasi dengan teman sebaya.

Strategi ini mendorong lebih banyak dialog percakapan antar siswa. Ini merupakan bagian integral dari pengalaman belajar apa pun, karena memungkinkan siswa untuk terlibat dalam konten akademik tanpa dibatasi oleh kurikulum formal.

 

4. Mintalah Umpan Balik Siswa

Anda ingin memastikan bahwa kursus Anda tepat sasaran. Biarkan siswa memberikan umpan balik selama kursus melalui survei anonim, kelompok diskusi, atau jam kantor. Ajukan pertanyaan seperti ini: Apa yang paling menarik minat mereka tentang konten? Kekhawatiran apa yang mereka miliki tentang kursus? Bagaimana mereka menyukai alat online di kelas Anda? Dengan mencari tahu apa yang berhasil dan tidak, Anda dapat merancang pelajaran dan aktivitas yang benar-benar melibatkan mereka.