Return to site

8 Metode Ini Dapat Membantu Anda Untuk Belajar Online Dengan Efektif

· Sistem LMS Indonesia

Jika Anda masih baru menjalani pembelajaran online, tentu Anda membutuhkan banyak waktu untuk mempelajari bagaimana cara menjalankan pendidikan dengan efektif. Untuk mempersingkat waktu Anda dalam mempelajari hal tersebut, di sini kami akan memberikan beberapa tips untuk membuat pembelajaran online Anda lebih efektif.

1. Tetapkan tujuan harian untuk belajar

Tanyakan pada diri Anda apa yang ingin Anda capai dalam pembelajaran Anda setiap hari. Menetapkan tujuan yang jelas dapat membantu Anda tetap termotivasi dan mengalahkan hal-hal yang dapat menunda pembelajaran Anda.

2. Buat ruang belajar khusus

Lebih mudah mengingat informasi jika Anda berada di tempat yang sama saat pertama kali mempelajarinya, jadi memiliki ruang khusus di rumah untuk mengikuti pembelajaran online dapat membuat pembelajaran Anda lebih efektif. Singkirkan semua gangguan dari ruangan dan jika memungkinkan, pisahkan dari tempat tidur atau sofa Anda. Perbedaan yang jelas antara tempat Anda belajar dan tempat Anda beristirahat dapat membantu Anda fokus.

3. Jadwalkan waktu untuk belajar di kalender Anda

Buka kalender Anda dan pilih waktu yang dapat diprediksi dan andal yang dapat Anda dedikasikan untuk mengikuti pembelajaran kuliah dan menyelesaikan tugas. Ini membantu memastikan bahwa pembelajaran Anda tidak akan menjadi hal terakhir dalam daftar tugas Anda.

4. Buat diri Anda bertanggung jawab

Beri tahu teman Anda tentang pembelajaran yang Anda ikuti, poskan prestasi ke akun media sosial Anda, atau blog tentang tugas pekerjaan rumah Anda. Memiliki komunitas dan jaringan dukungan teman dan keluarga untuk menyemangati Anda membuat perbedaan.

5. Aktif mencatat

Mencatat dapat mendorong otak kita untuk lebih aktif, meningkatkan pemahaman dan memperluas rentang perhatian Anda. Ini adalah strategi yang bagus untuk menginternalisasi. Jadi, ambil buku catatan atau menggunakan aplikasi catatan digital yang paling cocok untuk Anda dan mulailah mencatat poin-poin penting.

6. Bergabunglah dengan diskusi

Forum diskusi pembelajaran adalah tempat yang tepat untuk bertanya tentang tugas, mendiskusikan topik, berbagi sumber daya, dan berteman.

7. Lakukan satu hal pada satu waktu

Multitasking kurang produktif untuk dilakukan oleh kebanyakan orang, maka dari itu berfokuslah pada satu tugas pada satu waktu. Dengan demikian, Anda akan menyerap lebih banyak informasi dan menyelesaikan tugas dengan produktivitas dan kemudahan yang lebih besar daripada jika Anda mencoba melakukan banyak hal sekaligus.

8. Luangkan waktu untuk istirahat

Mengistirahatkan otak Anda setelah belajar sangat penting untuk kinerja tinggi. Jika Anda mengerjakan soal yang menantang tanpa banyak kemajuan selama satu jam, istirahatlah. Jalan-jalan keluar rumah, mandi, atau berbicara dengan teman dapat menyegarkan Anda dan bahkan memberi Anda ide baru tentang cara menangani tugas tersebut.