Return to site

Alasan mengapa Audio Narasi Dalam e-Learning Gagal

· e-Learning Indonesia

Audio narasi adalah bagian dari multimedia dan menambah banyak nilai untuk pembelajaran elearning. Namun, ada kalanya Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan audio narasi dalam pembelajaran Anda. Mengapa ini ini tidak diperkenankan? Kami akan membahasnya secara singkat pada artikel kali ini

Alasan Jangan Gunakan Audio Narasi

Jika pelajar yang mengambil pembelajaran online tidak dapat mendengar audio narasi dengan baik, baik karena kualitas audio yang tidak baik atau masalah pendengaran pelajar yang kurang maksimal karena perangkat yang digunakan oleh pelajar, maka sebaiknya Anda tidak menggunakan audio narasi dalam pembelajaran. Ini udah tampak jelas, tetapi seringkali kita tidak dapat menyadirnya keterbatasan audio yang disalurkan kepada pelajar

Alasan Pelajar Tidak Dapat Mendengar Audio Narasi Dengan Baik
Biasanya ada tiga alasan utama mengapa pelajar tidak dapat mendengar pembelajaran yang disalurkan melalui audio narasi:

1. Teknologi

Banyak yang mengakses pembelajaran elearning dari komputer yang tidak mendukung audio. Komputer mungkin tidak memiliki kartu suara atau speaker. Ini tidak biasa seperti dulu, tetapi masih merupakan ide yang baik untuk bertanya kepada pelajar apakah mereka telah memiliki akses ke komputer yang mendukung audio dan apakah mereka membutuhkan headset.

2. Lingkungan
Beberapa orang mengakses modul online dari komputer Bersama, misal join dengan teman satu kelas yang dekat, namun perangkat tidak memenuhi untuk audio. Banyak dari sistem tersebut tidak memiliki output audio, dan bahkan jika ada, lingkungan sekitar terlalu ramai untuk mendengarnya.

3. Gangguan pendengaran

Anda mungkin memiliki pelajar dengan gangguan pendengaran. Dalam kasus tersebut, Anda perlu melakukan modifikasi sehingga mereka dapat mempelajari apa yang perlu dipelajari. Beberapa lembaga sudah membuat konten yang dapat diakses oleh pelajar yang mengalami gangguan pendengaran. Bahkan jika itu tidak diperlukan untuk pembelajaran Anda, ada baiknya untuk menambahkan teks atau semacam transkrip bagi mereka yang mungkin membutuhkannya.

4. Minimnya kemampuan Anda dalam membuat audio berkualitas

Tidak semua pengajar memiliki kemampuan untuk membuat audio berkualitas. Anda mungkin adalah salah satunya. Anda membutuhkan perangkat lunak untuk memodifikasi audio yang sudah Anda buat agar suara lebih jernih dan mengurangi noise. Jika Anda tidak dapat melakukannya, sedetail apa pun materi yang Anda berikan kepada pelajar, mereka bisa saja tidak dapat menangkapnya dengan baik.