Return to site

AR Sebagai Salah Satu EdTech Yang Meningkatkan Kualitas Pendidikan

· Education Technology,e-Learning Indonesia,Sistem LMS Indonesia

Teknologi dalam pendidikan (EdTech) di masa depan juga akan dilengkapi dengan proses pembelajaran dengan inovasi Augmented Reality (AR). Teknologi ini tentu menjadi metode pembelajaran baru yang dapat menjembatani kesenjangan pemahaman pelajar satu sama lain serta dapat menjadi jembatan dunia virtual dan dunia nyata. Bahkan, manfaat AR dalam dunia pendidikan kini semakin santer diperbicarakan di dunia pendidikan internasional dan sudah mulai diteliti dan dikembangkan lebih lanjut oleh berbagai perusahaan maupun instansi/lembaga kampus yang sudah memiliki infrastruktur teknologi memadai. Sebelum AR benar-benar masuk dalam dunia pendidikan, berikut adalah beberapa dampak positif yang akan dirasakan oleh pelajar dan pengajar.

1. Pemahaman terhadap materi menjadi lebih meningkat

Dengan metode pembelajaran AR, pelajar dapat melihat proses penyampaian materi secara virtual yang dapat ditelaah dengan baik. Karena, mereka dapat melihat proses sebenarnya dari sebuah materi yang disampaikan oleh pengajar dalam bentuk animasi nyata yang ada dihadapannya. Contoh, dalam praktik sejarah misal, materi dapat disampaikan dalam bentuk animasi yang menceritakan sejarah tersebut. Ketika pelajar melihat dalam bentuk AR maka materi tersebut dapat diterima dengan mudah.

2. Dapat meningkatkan daya ingat untuk jangka panjang

Seperti yang kita ketahui, apabila Anda membaca suatu materi, tak banyak yang dapat diingat untuk jangka waktu yang panjang. Sedangkan jika Anda melihat suatu praktik secara langsung, ini akan membantu Anda dalam mengingat hal tersebut untuk waktu yang cukup lama. Hal ini juga yang akan didapatkan oleh pelajar ketika AR sudah diterapkan dalam dunia pendidikan di mana pelajar dapat dengan mudah dalam mengingat materi.

3. Meningkatkan motivasi pelajar

Ketika ada metode pembelajaran yang dikolaborasikan dengan teknologi, ini akan meningkatkan motivasi belajar para siswa/mahasiswa. Ketika motivasi belajar meningkat, tentu mereka akan lebih disiplin, lebih rajin dan lebih tertarik untuk mengikuti pelajaran di kelas offline maupun online/e-Learning. Hal ini pun akan meningkatkan kualitas mahasiswa yang lulus mengingat semakin banyak pelajar yang lulus dengan pemahaman akan materi yang lebih baik.

Itulah beberapa manfaat dari adanya metode pembelajaran dengan menggunakan AR untuk anak didik Anda. Apakah Anda siap menyambut teknologi ini di kampus Anda?

Ilustrasi (c) Unsplash.com