Return to site

Bagaimana Institusi Membantu Siswa Mendapatkan Materi Pembelajaran Digital Yang Terjangkau

· Tips Pembelajaran

Keberhasilan pendidikan mahasiswa merupakan perhatian besar tidak hanya bagi mahasiswa dan keluarganya, tetapi juga institusi yang ingin menarik mahasiswa baru ke kampus mereka. Institusi pendidikan tinggi mana pun yang menawarkan pilihan yang lebih terjangkau kemungkinan besar akan lebih kompetitif dalam lanskap pendidikan saat ini. Salah satu pengeluaran yang lebih besar bagi siswa adalah biaya pendidikan, khususnya biaya buku tulis, buku tugas, LKS dan sebagainya.

Harga buku tulis dan buku LKS atau buku dukungan bagi pelajar lainnya selalu mengalami kenaikan dalam beberapa tahun terakhir dan itu tidak termasuk yang lainnya yang harus dibeli oleh siswa, seperti alat pekerjaan rumah online dan panduan belajar. Dalam upaya untuk menekan biaya bagi siswa, banyak institusi telah mengadopsi materi pendidikan online, seperti sumber daya pendidikan terbuka (OER), hal ini dilakukan sebagai tindakan penyeimbangan untuk memberikan biaya yang lebih rendah dan standar akademik yang tinggi untuk materi yang mereka ajarkan di kelas.

Kekhawatirannya adalah, jika ada yang dapat mengunggah konten dan menawarkannya secara gratis, pemeriksaan apa yang dilakukan untuk memastikan bahwa materi berasal dari penulis yang kredibel dan akan bermanfaat akademis terbesar bagi pengajar dan siswa?

Solusinya adalah menemukan perusahaan pendidikan dan teknologi yang Anda percayai hanya menerbitkan konten berkualitas tertinggi untuk siswa dan pengajar, yang mana secara bersamaan tidak menguras uang untuk siswa.

Konten dengan kredibilitas

Menjaga standar yang tinggi untuk pendidikan adalah salah satu perhatian utama pendidik. Beberapa dapat melihat sumber terbuka dan sumber konten pendidikan online lainnya dengan lebih hati-hati. Mereka mungkin peduli dengan masalah kredibilitas sumber-sumber ini versus kualitas materi akademis tradisional. Institusi dapat menanamkan kepercayaan pada materi kursus online ini bekerja sama dengan perusahaan pendidikan dan teknologi yang memiliki sejarah yang terbukti sebagai penerbit materi akademis, atau dengan perpustakaan yang memiliki buku materi dari penulis maupun pembuat materi pembelajaran yang sudah mendapatkan sertifikat akademis yang baik.

Strategi dalam mengirimkan materi pendidikan kepada siswa melalu sistem pendidikan online

Ada manfaat besar bagi siswa setelah institusi menyediakan solusi lengkap untuk materi kursus. Membayar biaya berlangganan untuk pembelajaran digital sekali per semester memungkinkan siswa mengakses materi pembelajaran sebanyak mungkin untuk dikerjakan di rumah, untuk mendapatkan e-book dan panduan belajar yang mana semuanya sudah terdapat dalam satu paket berlangganan tersebut. Karena integrasi dengan sistem pengelolaan pembelajaran (LMS), mereka dapat mengakses materi dari berbagai pembelajaran dan materi pengetahuan untuk siswa yang lebih mudah dan variatif. Hal ini tentunya akan membuat pengajar dapat melihat manfaat pendidikan secara online bagi siswa, dan bagaimana semakin mudahnya bagi pelajar untukmemanfaatkan materi tersebut. Kami sangat menyarankan untuk membagikan informasi ini dengan pengajar dan siswa sehingga mereka dapat mempertimbangkan penghematan biaya dan memanfaatkan metode pembelajaran online.

Ilustrasi (c) Unsplash.com