Return to site

Cara Agar Anak/Pelajar Siap Mengikuti Pembelajaran Online

· Belajar

Sebelum kita menggali inti dari tips belajar kita, mari kita bahas beberapa fakta dasar. Jika Anda mengikuti pembelajaran online, Anda harus benar-benar tertarik dengan materinya. Jika tidak, Anda tidak akan merasa termotivasi untuk menyelesaikan pembelajaran. Jika Anda ingin mendapatkan pengetahuan, tetapi Anda tidak tertarik dengan prosesnya, Anda harus menyelam kembali ke tahun-tahun usia sekolah Anda. Gunakan beberapa tip dan trik yang digunakan orang tua untuk membantu anak-anak mereka menyukai proses belajar.

1. Biasakan diri Anda dengan praktik dan harapan pembelajaran online

Banyak orang terjun ke pembelajaran online dengan sikap lesu. Jika Anda mengambil pendekatan itu, Anda akan menipu diri sendiri dari konten yang berharga. Dekati pembelajaran online dan belajar seperti yang Anda lakukan jika Anda sedang duduk di ruang kelas. Selanjutnya, cari tahu apa yang ingin Anda dapatkan dari pembelajaran. Anda tahu Anda akan memperhatikan, belajar, dan mengikuti pembelajaran dengan serius, tetapi hasil akhir apa yang Anda inginkan?

2. Konfirmasikan persyaratan teknis pembelajaran

Perbedaan utama antara belajar online dan belajar di kelas adalah Anda bertanggung jawab atas lingkungan belajar. Anda menyediakan tempat untuk belajar, handphone/komputer, dan barang lain yang Anda butuhkan, termasuk mesin dengan persyaratan teknis yang diperlukan.

Dalam kebanyakan kasus, komputer apa pun dengan akses internet sudah cukup. Namun, beberapa pembelajaran melibatkan perangkat yang lebih serius. Misalnya, Anda mengambil pembelajaran online dalam mengedit video. Anda memerlukan komputer yang memiliki memori yang cukup dan kartu grafis yang cukup kuat untuk menangani pengeditan video. Selain itu, Anda akan memerlukan perangkat lunak itu sendiri, yang mungkin membutuhkan lisensi.

3. Pastikan akses internet yang andal

Jika akses internet Anda tidak dapat diandalkan, Anda mungkin akan terganggu selama pembelajaran Anda. Lebih buruk lagi, Anda akan membuang waktu dan sumber daya Anda. Anda dapat mencari WiFi yang sangat baik di kedai kopi, kafe internet, atau ruang publik serupa ketika Anda tidak dapat mengandalkan koneksi rumah Anda. Meskipun badai dan pemadaman listrik sesekali berada di luar kendali Anda, Anda harus memastikan untuk mendapatk kesempatan terbaik untuk tidak terputus saat proses belajar berlangsung.

4. Identifikasi tujuan dan target pembelajaran Anda

Sebelumnya, Anda memutuskan apa yang ingin Anda dapatkan dari pembelajaran online Anda. Sekarang Anda perlu mempelajari tujuan dan sasaran instruktur Anda. Ini penting karena akan menginformasikan arah pembelajaran. Jika seorang profesional membuat pembelajaran online tentang kebugaran, ia dapat memiliki beberapa tujuan untuk siswa: