Return to site

Cara Agar Pelajar Mudah Menerima Pendidikan Di Sekolah/Kampus

· Tips Untuk Pelajar

Salah satu cara utama untuk melibatkan siswa dalam pembelajaran mereka adalah memastikan materi berbicara kepada mereka. Metode ini akan membantu Anda menghubungkan pelajaran dengan pengalaman kehidupan nyata siswa, apa saja yang dapat Anda lakukan:

  • Pilih bahan yang relevan secara budaya
    Siswa yang tidak menemukan representasi budaya mereka sendiri dalam teks cenderung kehilangan minat pada literasi berbasis sekolah. Mintalah siswa Anda menyelesaikan survei singkat tentang minat luar mereka dan gunakan informasi itu untuk membantu menyusun rencana pelajaran Anda. Ini akan membantu siswa Anda melihat hubungan antara apa yang mereka pelajari di dalam dan di luar kelas.
  • Gunakan contoh sehari-hari yang spesifik
    Cara mudah untuk membantu siswa merasa terhubung secara pribadi dengan apa yang diajarkan adalah dengan berbicara tentang bagaimana mereka dapat menerapkan materi dalam kehidupan nyata.
  • Kaitkan rutinitas dengan pembelajaran

Anda juga dapat mempromosikan pembelajaran melalui rutinitas kelas.

Selain beberapa poin di atas, agar pelajar lebih mudah dalam menerima pendidikan dan pembelajaran, Anda juga perlu memberi siswa pilihan. Berikut adalah beberapa saran pilihan yang dapat Anda adopsi untuk pelajar di sekolah/kampus Anda:

  • Siswa kelompok
    Memecah kelas dalam kelompok meningkatkan kemungkinan bahwa setiap orang akan berkontribusi pada diskusi kelas dan pemecahan masalah. Lakukan polling kepada siswa Anda tentang preferensi kerja mereka, atau bereksperimenlah dengan memisahkan mereka dengan cara yang berbeda. Bagilah kelas menjadi dua, kelompokkan siswa dalam tim kecil yang terdiri dari tiga atau empat orang, atau tempatkan mereka secara berpasangan.
  • Biarkan mereka mengatur kecepatan
    Biarkan siswa Anda memilih titik awal mereka sendiri untuk mengerjakan tugas, dan mereka akan tetap nyaman dan tertantang. Misalnya, coba berikan siswa Anda soal matematika berjenjang, dengan tingkat kesulitan yang semakin meningkat. Dari yang paling rendah hingga yang paling rumit. Setelah siswa memilih titik awal, pengajar dapat membimbing mereka melalui peningkatan tingkat penguasaan.
  • Cobalah melakukan pembelajaran dari rumah
    Daripada meminta semua siswa Anda menyelesaikan pekerjaan di sekolah yang sama setiap hari, mengapa tidak menawarkan menu pilihan yang terkait dengan rencana pelajaran Anda? Sedikit variasi dan pilihan sangat membantu menghilangkan rasa bosan yang dialami beberapa siswa saat menyelesaikan pendidikan mereka. Anda dapat membagi kelas dengan metode blended learning di mana untuk beberapa jadwal sekolah dilakukan secara daring atau belajar dari rumah. Ini bukan karena terjadi wabah saja, tetapi ini juga perlu diterapkan ketika Anda melihat pelajar terlihat bosan dalam mengikuti pendidikan di kelas
All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK