Return to site

Cara Efektif Mengikuti Pembelajaran Online

 

· e-Learning Indonesia

Meskipun ada ketidakpastian tentang bagaimana tahun ini akan berjalan, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk memastikan kelas, kuliah, dan kursus online Anda seefektif mungkin. Sekali lagi, banyak dari pengetahuan dan banyak keterampilan adalah hal-hal yang sudah Anda terapkan pada pembelajaran Anda. Namun, ada baiknya mengetahui bagaimana dan kapan menggunakannya. Agar berhasil dengan pembelajaran online, ada empat bidang utama yang mungkin ingin Anda pertimbangkan. Memperhatikan masing-masing hal ini dapat membantu Anda belajar seefisien mungkin:

1. Rutinitas Anda

Rutinitas belajar Anda adalah salah satu landasan studi online Anda. Jika Anda mempertahankan kebiasaan positif, Anda akan segera melihat hasilnya. Meskipun tergoda untuk berpuas diri saat kelas Anda ada di internet (baik secara langsung atau direkam), penting bagi Anda untuk tetap fokus.

2. Perlakukan seperti yang Anda lakukan secara tatap muka

Salah satu cara terbaik untuk berhasil dengan pembelajaran online adalah memperlakukan pengalaman seperti yang Anda lakukan dengan kelas tatap muka. Ini berarti mendekati studi Anda dengan cara yang sama seperti jika Anda harus menghadiri kampus. Pertahankan diri Anda pada standar yang sama, pastikan Anda teratur, tepat waktu, dan siap belajar.

3. Tetap disiplin

Bagian dari memperlakukan pembelajaran online Anda seperti yang Anda lakukan dengan pengalaman langsung adalah dengan tetap disiplin. Meskipun rumah Anda tidak terlihat seperti kampus, Anda tetap harus memiliki disiplin diri yang sama dalam hal belajar mandiri. Kelas dan jadwal belajar Anda harus sesuai dengan yang diuraikan dalam kursus Anda dan Anda juga perlu mendedikasikan waktu untuk studi Anda sendiri di luar itu.

4. Tulis catatan Anda

Apakah kuliah atau seminar Anda direkam sebelumnya atau secara live stream, Anda harus meluangkan waktu untuk menulis catatan. Mungkin Anda akan tergoda untuk menganggap sumber online sebagai catatan studi yang sudah dibuat sebelumnya. Namun, membuat catatan Anda sendiri mendorong Anda untuk terlibat dengan materi dan memasukkannya ke dalam kata-kata Anda sendiri.

5. Berkontribusi/terlibat

Belajar adalah proses dua arah. Meskipun membuka kuliah online atau meninjau materi itu penting, begitu juga terlibat dalam diskusi. Ajukan pertanyaan jika perlu, dan jangan takut untuk mencari bantuan dengan materi jika Anda membutuhkannya.

6. Manajemen waktu

Selalu ada masalah dari penundaan saat Anda belajar dari aktivitas apapun termasuk pemeblajaran onlin. Tergantung pada beberapa faktor, kursus Anda mungkin atau mungkin tidak diajarkan secara real-time. Jadwal belajar Anda mungkin tidak terdefinisi dengan baik. Dengan demikian, Anda harus segera mengubah tatanan waktu mengajar untuk mengatur waktu Anda sendiri dan memastikan Anda memenuhi tenggat waktu yang sudah ditentukan sesuai dengan jadwal pembelajaran yang ditentukan.