Return to site

Cara Untuk Menjaga Pelajar Tetap Fokus Saat Pembelajaran Jarak Jauh

· Tips Untuk Pelajar

Karena sekolah dihadapkan pada tantangan untuk menyediakan kesempatan belajar bagi semua siswa dari jarak jauh, orang tua diminta untuk lebih terlibat daripada sebelumnya, terutama untuk pelajar mereka yang lebih muda dan mereka yang memiliki tantangan dan ketidakmampuan belajar. Mempertahankan tingkat keterlibatan yang tinggi dapat menjadi tantangan bahkan bagi pelajar dewasa yang cerdas. Berikut adalah delapan tips untuk membantu anak Anda mempertahankan fokus dan tetap terlibat selama masa pembelajaran jarak jauh ini.

Memahami harapan untuk pembelajaran jarak jauh.

Berapa banyak waktu yang harus dihabiskan siswa online untuk tujuan pembelajaran? Ada pertimbangan waktu layar untuk semua siswa, dan siswa yang lebih tua dapat menangani jumlah waktu yang lebih lama daripada siswa yang lebih muda. Guru atau sekolah anak Anda harus memberikan beberapa panduan untuk apa yang masuk akal. Bagi anak kecil, interaksi dan bermain sangat berharga untuk belajar.

Tentukan jenis kegiatan apa yang paling cocok untuk anak Anda.

Apakah jenis kegiatan pembelajaran jarak jauh tertentu yang disukai anak Anda daripada yang lain? Misalnya, apakah anak Anda bekerja lebih baik dengan aktivitas sinkron di mana mereka merespons instruktur langsung, atau secara langsung duduk satu lawan satu dengan Anda? Platform pembelajaran apa yang tampaknya melibatkan anak Anda lebih dari yang lain? Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini dapat bermanfaat bagi Anda dan guru anak Anda untuk membantu merencanakan pengalaman belajar yang paling sesuai untuk anak Anda.

Mendorong gerakan

Anak-anak perlu sering menggerakkan tubuh mereka sepanjang hari. Luangkan waktu untuk berolahraga sebelum anak Anda diharapkan untuk fokus pada tugas pembelajaran jarak jauh. Beberapa anak dapat lebih fokus pada tugas saat berdiri. Pertimbangkan untuk meletakkan komputer atau tablet Anda di permukaan yang lebih tinggi sehingga anak Anda dapat berdiri.

Kurangi gangguan

Jika memungkinkan, kurangi gangguan saat anak Anda menyelesaikan tugas sekolah. Ini termasuk kebisingan serta kebisingan visual atau kekacauan. Ruang kerja khusus yang nyaman untuk anak Anda akan sangat membantu.

Sesuaikan jadwal Anda sesuai kebutuhan

Beberapa kegiatan belajar akan lebih mudah untuk dilalui daripada yang lain. Pertimbangkan untuk bekerja dengan anak Anda pada kegiatan atau mata pelajaran yang lebih sulit pada saat-saat ketika anak Anda paling waspada dan terlibat. Materi pembelajaran yang lebih mudah bagi seorang anak, sehingga lebih cepat dikuasai, dapat diselesaikan pada waktu yang berbeda (seperti pada sore hari atau bahkan hari lain). Ini juga membantu untuk berbagi dengan guru Anda apa yang terbaik untuk Anda dan anak Anda.

Gunakan check list untuk fokus

Untuk beberapa anak yang benar-benar kesulitan fokus, daftar tugas visual dasar yang diperlukan untuk aktivitas tertentu akan sangat membantu. Misalnya, jika anak diminta untuk menonton pelajaran, membaca petunjuk, dan kemudian memberikan tanggapan tertulis atas petunjuk tersebut, daftar periksa akan memiliki kata kunci untuk setiap kegiatan yang diperlukan ini: menonton, membaca, menulis. Anak itu akan memeriksa setiap tugas dengan Anda setelah selesai, dan menerima pujian positif atau hadiah lain setelah selesai.

Berikan pelajar waktu istirahat.

Guru Anda tidak ingin anak Anda frustrasi atau sedih karena belajar. Faktanya, guru menghabiskan waktu untuk mencoba membuat pelajaran menarik, dan menyesuaikan instruksi untuk memberikan tingkat tantangan yang tepat bagi siswa mereka. Jika ada sesuatu yang terlalu menantang, atau anak Anda telah mencapai tingkat frustrasi, tidak apa-apa untuk menghentikan aktivitas dan memberi mereka istirahat. Memperlambat langkah juga boleh, yang berarti memberi anak Anda waktu untuk berpikir dan memproses informasi. Ini juga berarti berpartisipasi dalam segmen pembelajaran satu per satu daripada mencoba menangani seluruh pelajaran dalam sekali duduk. Anda dapat memberi diri Anda izin untuk mengambil kembali pelajaran itu di lain waktu atau hari lain.

Berikan umpan balik positif segera. Setiap kali anak Anda menyelesaikan instruksi pembelajaran jarak jauh, berikan umpan balik langsung dan positif! Sesuatu yang sederhana seperti memberi tanda centang, bintang, atau stiker pada tugas kerja dapat sangat membantu memotivasi anak Anda. Dan jangan lupa untuk merayakan diri sendiri, karena Anda memainkan peran penting untuk membantu anak Anda belajar dan tumbuh.