Return to site

e-Learning Sebagai Solusi Untuk Menghemat Anggaran

· e-Learning Indonesia

Teknologi yang diterapkan untuk pertama kali akan terasa mahal. Tetapi, jika diperhatikan lebih dalam lagi, penggunaan teknologi akan sangat menghemat biaya dan tenaga. Contoh, sebelum ada ojek online, kita yang harus menunggu angkutan atau yang harus menyetir mobil ke kantor, dapat menjadikan layanan ojek ini untuk menghemat tenaga kita. Ketika internet tidak begitu popular, untuk melakukan komunikasi video kita harus membayar lebih mahal, namun dengan aplikasi chat yang dilengkapi video call, hal tersebut kini sudah teratasi.

Itu hanya segelintir manfaat dari kehadiran teknoogi dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal serupa juga terjadi pada dunia pendidikan. Di mana, penerapan metode pembelajaran online (e-Learning), lembaga dapat menghemat biaya yang cukup signifikan dibandingkan dengan penerapan metode pembelajaran tradisional. Contoh, untuk membuat ujian tengah semester, lembaga tidak perlu lagi mencetak kertas ujian dalam bentuk fisik (print out) seperti yang diterapkan 10-30 tahun yang lalu. Lembaga hanya perlu membuat sistem pembelajaran yang dilengkapi dengan fitur test/ujian yang dalam bentuk digital. Bayangkan, jika dalam satu print out, Anda mengeluarkan Rp150, jika dalam 1 ujian semester Anda harus mencetak 2.000 lembar untuk seluruh kelas, maka Anda sudah harus mengeluarkan biasay Rp300.000,- bagaimana jumlah ini jauh lebih tinggi? Namun, dengan penggunaan sistem LMS, ujian tengah semester bisa Anda buat di dalam sistem yang mana pelajar hanya perlu mengakses melalui laptop atau smartphone.

Bagi pelajar, dengan sistem pembelajaran online, mereka tidak perlu lagi membeli buku mata pelajaran berlebihan. Mereka dapat mencari, menyalin dan mempelajari materi yang dibutuhkan dengan menggunakan akses e-Learning yang dimiliki oleh sekolah. Ini juga akan menghemat ratusan atau bahkan jutaan rupiah yang harus dikeluarkan oleh pelajar jika hanya menerapkan metode pembelajaran tradisional.

Dari contoh-contoh di atas, implementasi sistem LMS untuk pelajar dan dimulainya pembelajaran online di lembaga-lembaga pendidikan di Indonesia sudah sangat perlu dilakukan. Anda jangan pernah menutup mata dengan fakta yang terjadi saat ini. Jika Anda tidak ingin mengembangkan sistem LMS sendiri, AkuBelajar.ID adalah solusi untuk Anda. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami di hi@akubelajar.id.

Ilustrasi (c) Unsplash.com