Return to site

Hal-Hal Tambahan Yang Perlu Dilakukan Setelah Menggunakan LMS

· e-Learning Indonesia,Sistem LMS Indonesia

Kelas online yang dilakukan melalui e-Learning dapat dilakukan dengan menggunakan sistem manajemen pembelajaran (Learning Management System). Di mana, sistem ini mencakup komunikasi, pengiriman konten dan alat penilaian untuk pelajar yang dapat memfasilitiasi proses belajar dan mengajar dengan baik serta efisien. Banyak fitur spesifik yang ditawarkan oleh para penyedia untuk memberikan kemudahan yang variatif pula. Namun, jika Anda ingin menggunakan sistem LMS, sebaiknya Anda menggunakan sistem LMS yang juga dilengkapi dengan beberapa hal berikut:

1. Pencatatan/penilaian tingkat kemajuan siswa

Ibarat sebuah rapor digital, sistem LMS dapat menjadi bagian penting dalam sebuah pendidikan untuk mencatat dan menilai tiap kemajuan siswa. Sistem LMS bukan untuk memajukan siswa, tetapi bagaimana pengajar yang memiliki peran penting dalam mendidik dapat memberikan kemajuan kepada siswa dengan sistem pembelajaran terpadu.

2. Halaman yang menjadi rujukan para mahasiswa

Ibarat sebuah blog, sistem Anda perlu juga diimplementasikan dengan ditambahkan sebuah halaman yang dapat menjadi rujukan baca bagi para mahasiswa untuk mencari materi-materi lama maupun yang baru. Sehingga, ketika pelajar yang membutuhkan informasi tambahan berhubungan dengan materi pelajaran, mereka hanya perlu mengunjungi halaman website. Selain lebih mudah, pelajar juga memiliki garansi bahwa materi yang ia baca adalah materi yang memang diajarkan di kampus.

3. Forum diskusi

Kampus memang sudah memiliki banyak organisasi mahasiswa di dalamnya. Tetapi, belum tentu juga pelajar akan membahas hal-hal penting yang berhubungan dengan pelajaran ketika berkumpul dengan kelompok mahasiswa dalam organisasi tersebut. Untuk itu, kampus perlu membuat forum diskusi yang berbasis online yang dimoderasi oleh para pengajar untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan pelajaran.  Dengan cara ini, pelajar dapat berinteraksi dengan pelajar lainnya melalui metode online. Namun, Anda juga dapat membuat forum diskusi secara langsung di kelas agar interaksi face to face yang dilakukan oleh pelajar masih tetap terus bisa berjalan dan tidak hanya sebatas interaksi melalui online.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda tambahkan ketika sudah mengimplementasikan sistem LMS di kampus tempat Anda mengajar. Jika Anda masih memiliki kendala dan ingin mengetahui solusi seperti apa yang harus dilakukan ketika menggunakan LMS, Anda dapat menghubungi kami melalui email di hi@akubelajar.id.

Ilustrasi (c) Unsplash.com