Return to site

Hal-Hal Yang Perlu Dilakukan Agar Pelajar Dapat Mengikuti eLearning Dengan Baik

· Tips Pembelajaran

Sekolah maupun perguruan tinggi kini harus bisa mengadakan pembelajaran secara online dengan baik. Namun, agar sukses, ini membutuhkan ketekunan untuk membentuk kebiasaan belajar secara efektif. Berikut adalah beberapa tips agar bisa membawa suasana belajar online tetap menyenangkan.

1. Buat catatan penting untuk pembelajaran

Saat pengajar atau guru sedang menjelaskan materi, pelajar dapat menuliskan poin-poin yang penting agar yang nantinya dapat dipelajari lagi. Ingat, sebagai pelajar Anda harus mempersiapkan secara tepat dengan memeriksa jadwal sekolah atau kuliah serta membaca materi yang relevan.

2. Mencari tempat yang nyaman untuk belajar

Sulit untuk mencari tempat yang nyaman untuk belajar dari rumah. Banyak sekali godaan-godaan seperti keinginan untuk menonton televisi dan membuka media sosial atau bahkan untuk bermain game. Tetapkan tempat di dalam rumah Anda yang membuat Anda bisa konsentrasi dan tidak teralihkan.

3. Tentukan waktu belajar jika tidak ada live streaming

Dari sekarang Anda harus menentukan waktu belajar Anda dengan membuat rencana atau mengatur jadwal belajar. Sebisa mungkin patuhi aturan delapan jam dalam satu hari. Jangan belajar secara berlebihan seperti lebih dari 10 jam, sebab otak butuh istirahat.

4. Tetap berhubungan dengan pengajar

Kunci sukses pembelajaran online adalah memiliki hubungan baik dengan guru maupun dosen. Jangan ragu untuk menghubungi mereka jika memiliki masalah akademis. Mereka akan memberi nasihat tentang mata pelajaran yang memengaruhi kinerja Anda.

5. Makan teratur dan cukup gizi

Makanan akan memberi nutrisi pada otak. Kekurangan makanan dapat menyebabkan kesulitan tidur, daya ingat yang buruk, dan kesulitan dalam memecahkan masalah. Ini hal-hal yang perlu dihindari jika Anda ingin menjaga otak Anda dalam kondisi yang baik.

7. Jangan menunda mengerjakan tugas

Jangan biarkan diri Anda menunda mengerjakan tugas. Sebab, hal tersebut tidak baik dan membuat beban semakin berat. Gunakan waktu sebaik mungkin. Jangan menghabiskan banyak waktu untuk menonton televisi atau memeriksa akun media sosial.