Return to site

Identifikasi Apa Yang Dapat Mendorong Pembelajaran Menjadi Lebih Baik

· Tips Sekolah Online

Ada banyak tantangan yang harus diatasi selama ini bagi siswa, orang tua, guru, tim kepemimpinan, dan komunitas sekolah. Pengajar perlu mengetahui dan mengidentifikasi apa yang dapat mendorong pembelajaran, sehingga mengarahkan cara untuk mengkonsolidasikan dan meningkatkan penyediaan pembelajaran pada setiap skenario—online, hybrid, atau tatap muka. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dilakukan oleh pengajar untuk meningkatkan pembelajaran online yang lebih baik untuk pelajar.

1. Hubungan

Menghubungkan dan membina hubungan dengan siswa, orang tua, guru dan masyarakat luas. Hubungan sangat penting untuk memulai pembelajaran otentik.  Orang tua telah menunjukkan penghargaan, rasa terima kasih, dan kekaguman terhadap bagaimana guru mendukung anak-anak mereka tidak hanya pada tingkat akademis, tetapi yang lebih penting pada tingkat dukungan sosial dan emosional.

2. Pembelajaran yang fleksibel

Anda perlu memberikan kesempatan untuk belajar yang sinkron (terjadi pada waktu yang sama) dan asinkron (terjadi pada waktu yang berbeda).

3. Platform belajar

Anda perlu menggunakan platform pembelajaran digital untuk setiap skenario sekolah—pengajaran online, hybrid, dan tatap muka.

4. Keterlibatan Pelajaran

Anda perlu menggunakan strategi pengajaran untuk mempromosikan interaksi, partisipasi, keterlibatan, dan kolaborasi siswa dan guru online.

5. Penilaian

Anda perlu merancang tugas penilaian formatif dan sumatif yang memungkinkan siswa untuk menunjukkan pembelajaran mereka dalam berbagai cara.

6. Urutan pembelajaran

Anda herus memastikan kejelasan instruksi, membagi pembelajaran menjadi bagian-bagian yang berurutan dan memantau respons siswa terhadap umpan balik guru.

7. Ed-Tech

Anda hrus bisa menjadi pengajar yang lebih kreatif dalam menggunakan alat teknologi pendidikan untuk memfasilitasi dan mempromosikan pembelajaran guna memberikan pengalaman tatap muka virtual yang lebih menyenangkan untuk pelajar.