Return to site

Jadikan e-Learning Sebagai Pilihan Utama Pelajar!

· e-Learning Indonesia

Penyebaran COVID-19 menciptakan sejumlah tantangan. Ini juga berfungsi untuk menyoroti pentingnya pengalaman belajar digital. Lembaga pendidikan menugaskan instruktur dan guru untuk memindahkan kelas mereka secara online. Tapi melintasi metode khusus ini bukanlah tugas yang mudah. Bagaimanapun, membutuhkan belajar keterampilan baru dan mengadopsi pendekatan baru. Sering dianggap bahwa lebih sulit untuk mempertahankan perhatian siswa Anda melalui interaksi online daripada melalui kelas. Kami percaya ini adalah kekeliruan. Jika Anda memiliki rencana keterlibatan yang kokoh, Anda akan memenangkan hati dan pikiran siswa Anda. Memang, jika Anda bersedia untuk sepenuhnya merangkul media baru ini, Anda akan kagum dengan fleksibilitas dan interaktivitas yang diberikannya kepada Anda. Ada kemungkinan besar Anda juga akan terkesan dengan hasilnya. Apa saja yang dapat menunjang keberhasilan pembelajaran online? Berikut daftarnya untuk Anda!

Pilih Alat yang Tepat

Sebelum Anda dapat menyelenggarakan kelas online pertama Anda, Anda harus menemukan alat konferensi video yang memungkinkan Anda terhubung dengan siswa Anda. Untungnya, Anda memiliki berbagai pilihan yang tersedia untuk Anda. Seperti, Zoom, Webex, Adobe Connect, Google Hangouts, dan lainnya. Banyak dari alat ini memiliki opsi gratis, meskipun Anda mungkin memerlukan langganan berbayar untuk memenuhi kebutuhan siswa Anda dengan benar.

Kirim Undangan & Hapus Instruksi

Setelah Anda menyiapkan acara kelas, Anda harus mendapatkan undangan untuk siswa Anda. Ini biasanya dilakukan dalam alat konferensi video Anda. Undangan Anda harus menyertakan agenda kasar, petunjuk bergabung, dan daftar apa pun yang perlu dibawa oleh siswa Anda. Jika mereka diharapkan menggunakan webcam atau menggunakan mikrofon mereka selama sesi kelas, maka Anda harus memberi tahu mereka tentang hal ini. Ini akan memberi mereka kesempatan untuk mempersiapkan diri. Anda harus mengirimkan pengingat, kira-kira 15 menit sebelum sesi kelas dijadwalkan untuk dimulai. Ini akan menggerakkan memori mereka dan memastikan bahwa instruksi bergabung sudah tersedia untuk mereka.

Tunjukkan Wajah Anda

Suara tanpa tubuh tidak menarik seperti melihat Anda beraksi. Jadi nyalakan kamera Anda dan terlibat langsung dengan audiens Anda. Untuk mempertahankan perhatian mereka, Anda harus memastikan Anda berbicara langsung ke kamera Anda. Ini akan membantu Anda untuk merangsang hubungan yang lebih pribadi dengan siswa Anda. Tetapi pertimbangan tidak berhenti di situ. Jangan duduk terlalu dekat dengan kamera. Jangan duduk terlalu jauh. Temukan zona nyaman dan pertahankan. Periksa pencahayaan di ruangan Anda.

Tetapkan Aturan Dasar

Kelas online yang sukses memerlukan strategi pengajaran. Ini berarti Anda membutuhkan struktur yang jelas dan struktur membutuhkan aturan. Memiliki aturan dasar yang jelas menetapkan harapan bagi siswa Anda dan mendorong mereka untuk menganggap serius kelas Anda. Aturan-aturan ini harus membantu membatasi interupsi dan gangguan yang tidak perlu, memastikan lingkungan belajar yang aman dan memberikan kesempatan yang sama bagi semua untuk berpartisipasi.

Ikuti Prinsip Microlearning

Tidak peduli seberapa baik seorang guru Anda, Anda hanya dapat mempertahankan rentang perhatian siswa untuk jangka waktu tertentu. Pakar perkembangan anak mencatat bahwa rentang perhatian bervariasi tergantung pada usia pelajar. Misalnya, anak usia 6 tahun dapat memperhatikan subjek selama 12 hingga 18 menit. Di sisi lain, anak usia 12 tahun dapat memperhatikan selama 24 hingga 36 menit. Pertimbangkan audiens Anda dan ingatlah ini saat membuat rencana pelajaran Anda.