Return to site

LMS 101 (PART 2): Apa Yang Harus Anda Cari Pada Sistem LMS?

· e-Learning Indonesia,Sistem LMS Indonesia

Kombinasi dalam penggunaan sistem LMS dapat menjadikan sistem menjadi lebih sempurna. Karena, ada kesiapan yang dapat dilakukan oleh pengajar untuk mengetahui bagaimana kemajuan dari masing-masing anak didiknya. Pada kesempatan sebelumnya, kami telah memberikan beberapa poin mengenai apa yang harus Anda cari dari sistem LMS. Untuk melengkapi artikel tersebut, berikut adalah hal-hal yang perlu Anda cari sebelum menggunakan sistem LMS.

1. Dilengkapi dengan alat yang dapat membuat proses belajar lebih menarik

Sistem yang dikembangkan oleh penyedia Anda harus mendukung berbagai metode pembelajaran. Ini penting untuk diperhatikan karena apa yang ada pada suatu sistem tidak selalu itu-itu saja. Seperti yang sering kami sebutkan, penggunaan materi dengan berbagai model/tipe itu sangat diperlukan. Karena dari konten dan proses yang menarik ini akan membuat pelajar lebih semangat untuk mengikuti semua mata pelajaran yang diajarkan. Tidak ada lagi keinginan untuk bolos, karena apa yang disampaikan oleh pengajar selain memberikan pendidikan juga memberikan hiburan bagi pelajar.

2. Tersedia sistem analytics

Sistem analytics atau analisa ini tidak semua sistem LMS menyertakan fitur ini. Maka dari itu, pastikan Anda memilih sistem LMS yang sudah satu paket di dalamnya termasuk layanan analytics. Penggunaan fitur analytics pada sistem LMS akan memudahkan Anda dalam mengolah data. Karena sebagian data sudah ditunjukkan melalui grafik pada analytics, selanjutnya tinggal Anda yang memperhatikan hasil sistem untuk ditindaklanjuti.

3. Kemudahan dalam melakukan pengelompokan siswa berdasarkan hasil belajar

Pengelompokan hasil bukan untuk memecah belah mana kelompok yang cerdas dan mana yang bukan. Tetapi, kebutuhan utama dalam pengelompokan ini untuk memastikan pengajar melakukan personalisasi pembelajaran yang tepat. Jika pengajar dapat memberikan bimbingan dengan lebih terarah, maka pelajar juga lebih mudah untuk mencapai hasil belajar yang terbaik.

Itulah beberapa poin penting yang harus Anda cari dalam menggunakan sistem Learning Management System (LMS). Jika Anda berminat untuk mencoba sistem LMS dari AkuBelajar.ID, silakan hubungi kami melalui email di hi@akubelajar.id.

Ilustrasi (c) Unsplash.com