Return to site

LMS Memudahkan Orang Tua Dalam Memantau Pelajaran Anak

· Sistem LMS Indonesia,School From Home

LMS, atau Learning Management System, adalah aplikasi perangkat lunak digital yang dapat digunakan untuk memantau berbagai materi dan proses dalam sistem sekolah. LMS juga bisa menjadi alat pembelajaran tambahan, atau informasi bagi orang tua agar mereka lebih terlibat dalam homeschooling baik dengan sedikit atau tanpa persiapan. Bagaimana peran LMS untuk orang tua pelajar?

1. Kualitas materi

Carilah materi yang akan menarik perhatian orang tua dan juga akan menarik minat siswa. Pekerjakan seorang profesional untuk membuat video atau materi grafis yang akan menarik perhatian. Orang tua dan siswa modern diberikan materi yang cerah, penuh warna dan model animasi, sehingga materi dapat dipahami lebih mudah.

2. Kemudahan agar orang tua melihat materi

Buatlah halaman di mana orang tua dan siswa akan melihatnya. Halaman yang memudahkan mereka untuk menemukan dan menampilkan materi Anda.

3. Kebijakan pembelajaran

Bermitra dengan departemen pendidikan setempat. Bicaralah dengan kepala sekolah atau departemen pendidikan dari pemerintahan terlebih dahulu untuk mengetahui tentang kebijakan sekolah. Jika Anda memiliki ide pembelajaran baru dan untuk memastikan bahwa materi Anda ini akan membantu pelajar dan orang tua untuk lebih mudah terlibat dalam proses pembelajaran jarak jauh/e-Learning

4. Materi yang relevan

Anda harus menyiapkan materi yang dapat diterima oleh pelajar sesuai dengan kebutuhannya dan relevan dengan pokok pembahasan yang ingin diajarkan. Semakin relevan materi dan konten yang disiapkan pada LMS tentu akan semakin baik pula.

5. Ketahui teknologi dan materi

Saat Anda meletakkan materi secara online, penanganan presentasi Anda penting. Gambar atau video yang tidak dapat dimuat, atau yang hanya berjalan di satu browser, kata-kata yang salah eja, atau materi yang disalahpahami membuat kurangnya kepercayaan terhada materi yang Anda sampaikan.

6. Sederhana

Gunakan grafik yang jelas dan relevan yang meningkatkan konten. Memberikan arahan yang jelas untuk kegiatan, serta menciptakan cara bagi siswa untuk mengunggah pekerjaan mereka atau gambar dari pekerjaan mereka.

7. Memberikan materi tambahan untuk orang tua.

Bahkan orang-orang terdidik terbaik hanya mengetahui sebagian kecil dari pengetahuan dunia. Dengan memberikan materi untuk orang tua, Anda membuat mereka mengerti apa yang ingin Anda sampaikan kepada pelajar namun pelajar (anak) masih belum memahaminya. Anda dapat menunjukkan apakah bahan akan diperlukan untuk menyelesaikan tugas.