Return to site

Manfaat e-Learning Dalam Dunia Pendidikan

· e-Learning Indonesia

e-Learning pada dasarnya memiliki banyak manfaat untuk pendidikan para pelajar. Hanya saja, dalam penggunaannya sendiri, e-Learning memiliki banyak sekali fungsi yang berbeda. Secara singkat, saat ini kita sudah diperkenalkan dan memiliki beberapa model pembelajaran e-Learning seperti  blended learning, flipped class room, online school. Ini merupakan metode penyampaian pendidikan e-learning dari hasil pengembangan beberapa fungsi e-Learning itu sendiri.

1. e-Learning memberi manfaat sebagai tambahan pendidikan untuk pelajar

Manfaat e-Learning juga dapat menjadi suplemen atau tambahan pendidikan untuk pelajar ketika sekolah/universitas menjalankan metode pendidikan dengan model konvensional sebagai model utama.

2. e-Learning menjadi pelengkap metode pendidikan secara konvensional

Fungsi e-learning sebagai pelengkap adalah merupakan metode pembelajaran online yang diberikan oleh pengajar untuk melengkapi materi yang diberikan oleh pengajar saat mereka mennyampaikan materi secara konvensional. Dalam hal ini, pengajar memberikan materi melalui pembelajaran offline namun beberapa sumber harus dibuka oleh pelajar melalui sistem pembelajaran online.

3. e-Learning sebagai pengganti pendidikan konvensional

e-Learning dapat menjadi metode pengganti pendidikan konvensional. Artinya, e-Learning ini dilakukan sebagai metode pembelajaran semi-utama dengan tidak lagi menggunakan metode pembelajaran konvensional seutuhnya. Kita semua sudah pernah mengalami masa di mana awal-awal COVID-19 beberapa waktu lalu. Di mana, semua sekolah menerapkan pembelajaran melalui e-Learning sebagai pengganti sementara pembelajaran offline untuk memutuskan mata rantai virus corona.

4. e-Learning sebagai metode pembelajaran utama

Dalam hal ini, e-Learning sudah dijadikan sebagai metode pembelajaran utama. Yang mana, sekolah tidak lagi menerapkan sistem pembelajaran secara offline/konvensional. Umumnya, mereka yang sudah menerapkan e-Learning terlebih dahulu, menemukan bahwa metode pembelajaran e-Learning dianggap lebih efisien dan efektif untuk dilakukan dalam memberikan materi kepada pelajar. Oleh karena itu, keputusan instansi untuk memberikan metode pembelajaran e-learning sebagai pilihan utama untuk menghilangkan jarak maupun hal-hal yang membuat pembelajaran tidak lagi efisien.

Ilustrasi (c) Unsplash.com