Return to site

Manfaat Yang Paling Signifikan Dalam e-Learning Daripada Pembelajaran Tradisional

· Sistem LMS Indonesia

Ketika kita membandingkan dua metode pembelajaran, maka kita akan melihat adanya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, dari semua kelebihan dan kekurangan tersebut, mana yang paling memberikan efisiensi untuk pengajar dan pelajar. Apabila pengajar tidak dapat memberikan pembelajaran yang efektif, tentu ini akan sangat sulit untuk mengoptimalkan apa yang bisa diberikan oleh pengajar kepada pelajar. Waktu yang digunakan untuk menjalankan proses pembelajaran pun menjadi lebih lambat daripada metode pembelajaran yang dilakukan di kampus/sekolah lain. Di sini, kami akan memberikan 3 manfaat yang paling signifikan dari e-Learning.

1. Remote Learning

Anda mungkin pernah mendengar remote worker, di mana pekerja dapat bekerja tanpa harus ke kantor. Dalam pendidikan, Anda sebagai pengajar juga dapat menerapkan hal yang sama untuk pelajar atau anak didik Anda. Dengan berbekal internet, aplikasi live streaming (jangan menggunakan social media), Anda dapat memberikan materi kepada pelajar tanpa harus datang ke kampus. Tentu hal ini akan sangat membantu ketika terjadi suatu yang tidak diharapkan, pelajar tetap bisa mengikuti pelajaran meskipun tidak ke kampus.

2. Analisis

Dengan metode pembelajaran e-Learning, sistem akan memudahkan pengajar untuk melakukan analisa terhadap hasil perkembangan pelajar. Hal ini tentu akan sangat berbeda jika Anda hanya mengandalkan metode pengumpulan data secara tradisional. Selain akan menghabiskan lebih banyak waktu, Anda dapat kehilangan banyak data tanpa diketahui. Anggap saja Anda menyimpan data pada sebuah note, ketika note ini hilang karena kesalahan Anda, maka Anda akan kesulitan untuk mengembalikannya.  Namun dengan sistem LMS, Anda akan lebih mudah untuk menemukan data tersebut. Terlebih lagi untuk LMS yang berbasis cloud, Anda akan bebas dari kehilangan data karena kerusakan satu server.

3. Blended learning

Untuk metode pembelajaran online, Anda dapat menggabungkannya dengan metode pembelajaran tradisional. Ini adalah manfaat yang paling besar dari metode pembelajaran e-Learning. Dengan sistem LMS Anda dapat menggabungkan keduanya dan dapat menyimpan semua data dalam satu tempat penyimpanan tersebut.

Ilustrasi (c) Unsplash.com