Return to site

Memaksimalkan Pembelajaran Online, Dengan 4 Hal Ini!

· Tips Pembelajaran

Selama masa-masa yang tidak pasti ini banyak universitas menghentikan pembelajaran tatap muka dan mahasiswa harus mengikuti kuliah online. Untuk beberapa siswa ini mungkin memberikan tantangan. Juga, tidak mudah untuk mengatur pembelajaran Anda sendiri dan memanfaatkan kuliah dan seminar online secara maksimal, tetapi berikut adalah beberapa cara di mana Anda dapat melakukannya. Ini adalah gambaran umum untuk semua siswa, tetapi universitas Anda mungkin memiliki langkah-langkah khusus, jadi pastikan untuk terus memeriksa email dan portal online Anda untuk pembaruan informasi.

1. Terlibat dengan pembelajaran Anda

Dengan cara yang sama Anda akan membuat catatan saat menghadiri kuliah, adalah ide yang baik untuk melakukan hal yang sama saat mendengarkan atau menonton vido kuliah online ataupun saldo. Duduklah di tempat yang nyaman, siapkan buku catatan dan pena dan cobalah untuk meminimalkan gangguan lain. Luangkan waktu untuk melihat jadwal Anda dan menyusun jadwal belajar untuk memastikan Anda siap untuk menghadiri semua seminar dan kuliah online Anda.

2. Mengkoordinasikan obrolan grup

Anda dapat menggunakan platform seperti Skype atau Zoom yang dapat Anda unduh secara gratis dan memungkinkan Anda untuk mengoordinasikan obrolan video dengan sekelompok orang. Gunakan program ini untuk membentuk kelompok belajar dengan teman kursus sehingga Anda dapat meluangkan waktu untuk mendiskusikan ide, menganalisis teks bersama, dan bertukar tips belajar.

3. Tetap berhubungan dengan tutor dan dosen Anda

Anda mungkin tidak lagi dapat melihat tutor Anda selama jam kerja reguler mereka, tetapi pastikan Anda tetap berhubungan dengan mereka secara teratur. Mungkin email seminggu sekali atau bahkan setiap beberapa hari untuk memastikan Anda mengetahui perkembangan apa pun dalam kursus Anda. Selain itu, jika Anda merasa cemas atau stres, berbicara dengan tutor Anda dapat membantu meringankan kekhawatiran yang mungkin Anda miliki.

4. Pikirkan tentang ruang belajar Anda di rumah

Jika Anda terbiasa belajar di perpustakaan kampus, Anda mungkin merasa cukup sulit untuk beralih ke belajar di rumah untuk sebagian besar waktu, tetapi ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan diri Anda dalam pola pikir kerja. Pertama, kenali area di mana Anda bisa duduk dan bekerja.