Return to site

Memperbarukan Metode Pembelajaran Digital

· Education Technology

Laporan Horizon pada tahun 2017 lalu menunjukkan bahwa sebagian besar sekolah tidak dalam keadaan matang atau siap untuk The Nex-Gen Learning System saat ini. Jika itu benar, maka sebagian besar sekolah sudah mengetahui beberapa hal:

  • Pertama, sistem seperti itu jauh lebih hebat daripada satu alat, termasuk Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS);
  • Kedua, sekarang saatnya untuk mulai mencari tahu strategi yang tepat, mengkurasi platform potensial, dan memasukkan pemangku kepentingan yang sesuai ke dalam ruangan.

Meskipun membangun sistem pembelajaran terbarukan, jenis sistem yang dapat menghasilkan pengalaman belajar yang imersif, dipersonalisasi dan adaptif dalam skala besar yang efisien dan memuaskan bagi siswa, bukanlah tugas yang mudah, strategi dan percakapan pemangku kepentingan tersebut kemungkinan akan dimulai dengan yang sederhana. Namun, pertanyaan yang tidak terlalu sederhana: “mengapa?”

Alasannya tentu banyak. Retensi kemungkinan ada di daftar teratas untuk sebagian besar sekolah, tetapi ada juga:

  • Kesenjangan prestasi;
  • Kurangnya literasi digital lulusan perguruan tinggi;
  • Ketertinggalan dalam pendidikan tinggi dalam hal mencari dan memahami data yang bermakna;
  • Kebutuhan untuk menciptakan platform untuk inovasi pembelajaran;
  • Berada dalam posisi yang baik untuk munculnya kecerdasan buatan;
  • dan masih banyak lagi.

Lalu ada rintangannya. Setelah jawaban dari pertanyaan “mengapa” diketahui, pemikiran berikutnya kemungkinan besar adalah, "seberapa sulit ini?" Dari perubahan organisasi, solusi multi-prinsip, pemrograman, dukungan pemangku kepentingan, hingga pelatihan, ada banyak hal yang benar-benar perlu dipertimbangkan sekolah sebelum memulai proyek dalam lingkup ini, dan itu hanya sebagian dari biaya sumber daya. Ada juga biaya yang sulit untuk dipertimbangkan.

Dalam waktu kurang dari dua bulan, Saint Leo University akan menunjukkan kepada audiens Fusion 2017 bagaimana dan mengapa kami berhasil membangun "Ekosistem Pembelajaran Terbarukan" dari produk komersial dan open source. Kami akan mendemonstrasikan bagaimana kami keluar dari pernyataan Horizon Report bahwa sekolah tidak siap untuk solusi pendidikan terbarukan dan mencoba membantu orang lain belajar dari kesuksesan serta kesalahan kami. Kami juga akan merinci bagaimana kami mengatasi beberapa rintangan serius, sambil mengubah pembelajaran dan kesuksesan bagi siswa kami.

Melalui momen Lakukan, Tunjukkan, Beri Tahu, Tinjau, dan Tanyakan, kami akan menggambarkan apa yang kami manfaatkan dari sumber seperti Google, TED, Brain Rules, dan Nintendo. Anggota tim Saint Leo TALI (Inovasi Pengajaran dan Pembelajaran) juga akan mendemonstrasikan bagaimana sistem baru kami menggabungkan ilmu, kecerdasan buatan, konstruktivisme online dan bagaimana kami melatih 1.200 fakultas (baik di rumah maupun di luar) semuanya dalam waktu kurang dari 18 bulan.

Intinya adalah: berhasil membangun sistem pembelajaran generasi berikutnya membutuhkan penggandaan pada penemuan kembali digital.

“Strategi digital yang berani dan terintegrasi akan menjadi pembeda terbesar antara perusahaan yang menang dan yang tidak dan pembayaran terbesar akan diberikan kepada mereka yang memulai gangguan digital.” - McKinsey & Company (Feb 2017)