Return to site

Meningkatkan Literasi Pelajar Menggunakan Sistem LMS

· e-Learning Indonesia

Sudah bukan rahasia lagi apabila pelajar bosan untuk membaca, menulis atau bahkan untuk menghitung. Ini dapat dibuktikan dengan sebagian pelajar yang tak segan untuk membawa kalkulator untuk mendukung kecepatan dalam berhitung. Maka dari itu, sangat penting bagi para pengajar untuk memperhatikan hal ini agar semua anak didiknya dapat menjadi pelajar yang suka dan gemar membaca, menghitung ataupun aktivitas lainnya dalam proses pembelajaran.

Dengan menggunakan sistem LMS untuk kampus/sekolah Anda, pemantauan terhadap pelajar akan menjadi lebih mudah. Anda dapat memantau aktivitas baca, pengerjaan tugas dan lain sebagainya melalui media e-Learning yang ada pada sistem LMS. Dari poses ini, Anda dapat mengoleksi data berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh pelajar dalam membaca sebuah materi, mengikuti materi atau bahkan ketika mereka mencoba untuk menghitung.

Data-data yang tersimpan pada sistem LMS memberikan peluang yang sangat besar kepada para pengajar untuk memberikan personalisasi pembelajara kepadan masing-masing pelajar yang dirasa membutuhkan pembelajaran lebih lanjut. Ini bukan semata-mata memberikan pembelajaran dan pelatihan yang tidak diperlukan kepada pelajar yang sebenarnya belum membutuhkan. Dari personalisasi tersebut, pelajar memiliki peluang yang lebih besar untuk memahami dan mempelajari semua materi yang diberikan oleh pengajar.

Apa yang bisa dilakukan oleh sistem LMS adalah mengelola data aktivitas yang terekam secara otomatis melalui sistem atau dengan bantuan para pengajar/admin untuk menambahkan data tersebut. Kedua metode ini akan diolah menjadi sebuah data yang dapat dikonversi menjadi sebuh chart atau model lainnya yang pada akhirnya akan memberikan kemudahan bagi pengajar untuk mengarahkan pelajar tersebut agar dapat meningkatkan kemampuann literasinya.

Literasi sangat penting bagi pelajar, karena dari sini mereka akan memahami banyak hal yang tidak mereka ketahui sebelumnya dalam dunia pendidikan. Ketika sudah terjun ke lapangan pekerjaan atau ketika sudah terjun dalam dunia bisnis, mereka akan lebih siap dengan semua hal yang dibutuhkan untuk mendukung karirnya. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai sistem LMS untuk meningkatkan literasi pelajar dan bagaimana cara memaksimalkan LMS AkuBelajar.ID, silakan hubungi kami di hi@akubelajar.id.

Ilustrasi (c) Unsplash.com