Return to site

Peran Teknologi dalam Pembelajaran

· Education Technology

Dalam webinar baru-baru ini, Clay Shirky, Wakil Rektor Teknologi Pendidikan di NYU, duduk bersama Ken Chapman, Wakil Presiden Riset Pasar di D2L, untuk membahas penggunaan teknologi dalam inovasi pengajaran dan pembelajaran saat ini.

Chapman memulai percakapan dengan menyoroti peran penting yang dimainkan oleh teknologi instruksional dalam pendidikan tinggi: “Kesempatan yang diberikan teknologi kepada kita agak berbenturan dengan perubahan besar yang kita lihat di pendidikan tinggi akhir-akhir ini.” Kedua belah pihak sepakat bahwa, mengingat iklim saat ini, tujuan lembaga tidak harus menghindari tantangan dan perubahan, melainkan mengadopsinya. Karena itu, persiapan adalah kuncinya.

Teruslah membaca untuk sorotan dari beberapa tema yang dibahas dalam webinar informatif ini.

Ketika ditanya “Apa yang akan membuat organisasi Anda lebih menarik bagi siswa di tahun-tahun mendatang?” di akhir webinar, 24% peserta menjawab dengan “Penggunaan teknologi yang lebih konsisten.”

Jajak pendapat oleh D2L menunjukkan apa yang akan membuat institusi menarik bagi siswa di masa depan.

Namun, penggunaan teknologi adalah topik yang diakui secara luas. Apa cara paling efektif agar institusi dapat secara konsisten memasukkan teknologi ke dalam program pengajaran dan pembelajaran mereka untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas? Menurut Shirky, “Teknologi adalah penguat.”

Dengan kata lain, institusi seharusnya tidak mencoba menggunakan teknologi untuk mengambil kapabilitas yang belum ada untuk mereka. Sebagai gantinya, untuk memaksimalkan penggunaan teknologi pendidikan, institusi harus bertanya pada diri sendiri: Manakah dari tujuan kita yang ingin kita perkuat atau percepat? Bagaimana teknologi tertentu dapat memperkuat tujuan itu (dan mengapa kita ingin itu terjadi)? Shirky merekomendasikan untuk memulai dengan masalah yang perlu dipecahkan, memulai dengan solusi dan bekerja mundur.

Inklusivitas dalam Pendidikan

Inklusivitas telah menjadi topik pembicaraan yang semakin penting dalam konteks pendidikan tinggi. Di masa lalu, kekhawatiran fakultas tentang siswa berpusat pada pertanyaan seperti "Apakah siswa saya memperhatikan pelajaran saya?" Hari ini, kita melihat serangkaian pertanyaan yang lebih menekankan pada pengalaman siswa dengan pendidikan: “Apakah semua siswa saya dapat mengakses pelajaran saya? Apakah pedagogi saya inklusif? Apakah beragam suara siswa dan identitas sosial terwakili?”

Pertimbangan seperti akses ke komputer dan layanan internet hanyalah satu bagian dari teka-teki yang lebih besar, catat Shirky. Kita juga harus memikirkan apakah siswa kita memiliki akses ke uang untuk buku teks dan sumber daya pendidikan lainnya, ruang belajar yang tenang, waktu yang tidak terganggu untuk bekerja, dan bahkan kebutuhan dasar seperti makanan, tempat tinggal, air, dan tidur. Di sini, Shirky menarik perbandingan yang relevan dan perlu dengan hierarki kebutuhan Maslow.

Selain itu, desain universal untuk pembelajaran (UDL) telah menjadi jauh lebih populer, dan memang seharusnya begitu. Dalam menggabungkan praktik aksesibilitas yang efektif untuk pengajaran dan pembelajaran online, banyak pendidik sekarang menyadari bahwa praktik semacam itu juga berguna untuk lebih banyak siswa yang bahkan tidak mereka sadari sebelumnya tidak terlayani. Praktik tersebut termasuk kuliah video teks tertutup, memberikan transkrip bersama dengan rekaman, dan mempertimbangkan pengalaman pengguna dalam desain