Return to site

Saran yang Dapat Ditindaklanjuti Bagi Pendidik Untuk Pindah Ke Pembelajaran Online

· Tips Pembelajaran

Jika Anda seorang guru yang baru saja beralih dari sekolah fisik ke pembelajaran online, Anda mungkin menyadari betapa berbedanya kedua bentuk pendidikan ini. Untuk alasan tersebut, banyak guru yang takut untuk beralih dari satu format ke format lainnya. Namun, ada cara di mana Anda dapat membuat langkah lebih mudah untuk diri sendiri dan siswa Anda. Kami akan membahas tiga cara di mana pendidik dapat membuat transisi dari sekolah fisiki ke pembelajaran online menjadi lebih mudah.

1. Tetap pada kurikulum, tapi ambil jalan pintas jika memungkinkan

Terkadang kurikulum dapat membuat pembelajaran menjadi jauh lebih rumit dari yang seharusnya. Misalnya, jika kurikulum memberi tahu Anda untuk mengajarkan bagian pekerjaan menggunakan lembar kerja online, tetapi Anda menemukan video yang menjelaskan pelajaran dengan sempurna, gunakan video tersebut. Anda perlu membuat keputusan ini berdasarkan apakah mereka akan menghemat waktu Anda atau tidak dan bagaimana reaksi siswa online Anda terhadap metode pembelajaran.

2. Jangan lewati sesi tanya jawab

Menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin dimiliki siswa Anda adalah bagian yang sangat penting dari pembelajaran. Hal ini terutama berlaku ketika datang ke pendidikan online. Dalam pembelajaran online, siswa tidak mendapat kesempatan untuk mengangkat tangan ketika mengalami kesulitan. Mereka juga dapat mencari jawaban, tetapi jawaban yang mereka terima tidak dipersonalisasi. Untuk itu, sesi tanya jawab menjadi penting.

Sesi ini juga merupakan cara yang bagus bagi guru untuk mendapatkan gambaran tentang di mana siswanya harus mengerjakan tugas dan memahami materi. Di sekolah fisik, pendidik memantau tugas kelas siswa untuk memahami bagian apa yang mereka perjuangkan dan di mana mereka mungkin memerlukan bantuan. Mereka kemudian menyesuaikan pelajaran mereka berdasarkan ini. Di sekolah online, sesi tanya jawab harus digunakan untuk merencanakan pelajaran di masa depan.

3. Manfaatkan sumber daya pembelajaran online

Ada banyak sumber daya dan alat online yang dapat digunakan untuk mempermudah pekerjaan Anda sebagai pendidik online. Misalnya, banyak guru beralih ke aplikasi seperti Learning Management System (LMS) untuk persyaratan mengajar mereka. Anda dapat berbagi materi dan metode pembelajaran dengan rekan-rekan Anda, menghadirkan keserbagunaan ke kelas virtual Anda. Banyak guru juga menggunakan aplikasi seperti YouTube, dan tools lainnya untuk meningkatkan lingkungan belajar bagi siswa mereka. Ada begitu banyak kemungkinan dan peluang dalam hal mengajar online.

Ilustrasi (c) Unsplash.com