Return to site

Tips Agar E-Learning Lebih Efektif

Metode dalam memberikan pelajaran melalui e-Learning

· e-Learning Indonesia

Sama halnya dengan metode pendidikan formal yang dilaksanakan secara tradisional, e-Learning juga membutuhkan cara yang lebih efektif agar materi pendidikan diterima dengan cepat oleh semua siswa/mahasiswa. Karena, metode pendidikan e-Learning yang dilakukan tanpa efektivitas akan menambah tingkat pengeluaran dan waktu baik dari siswa maupun dari dosen dan kampus. Agar Anda tidak terjebak pada metode pendidikan e-Learning yang tidak efektif, berikut adalah beberapa tips untuk Anda.

1. Personalisasi

Cari tahu bagaimana cara Anda dalam memberikan pendidikan kepada para pelajar/mahasiswa. Untuk materi-materi yang dibutuhkan secara khusus oleh mereka, berikanlah materi pendidikan tersebut dengan cara melakukan personalisasi. Semakin sesuai materi yang Anda berikan kepada pelajar, ini akan lebih cepat untuk memberikan pemahaman bagi pelajar/mahasiswa untuk menerima setiap materi tersebut.

2. Sistematis

Setiap pelajaran dan segala aktivitas yang harus dijalankan oleh mahasiswa/pelajar harus dilakukan dengan cara yang lebih sistematis. Dengan demikian, Anda dapat memberikan konsep pendidikan yang lebih baik, terorganisir dan dapat dilangsungkan dengan baik.

3. Mengajarkan dengan cara berbeda

Jangan hanya terpaku pada satu cara pembelajaran saja. Anda perlu memberikan materi pada pelajar dengan metode-metode variatif. Adanya perbedaan dalam memberikan metode pembelajaran ini memungkinkan untuk menemukan metode paling efektif bagi anak didik Anda. Perbedaan metode pembelajaran ini pula akan mengurangi rasa bosan dari para pelajar dalam mengikuti pelajaran.

4. Fokus pada apa yang sulit diterima oleh pelajar terlebih dahulu

Untuk e-Learning yang efektif, Anda harus fokus dalam memberikan materi-materi yang sulit diterima oleh pelajar terlebih dahulu. Ketika Anda memberikan materi-materi yang lebih sulit, Anda memiliki waktu lebih panjang untuk memberikan penjelasan ketika pelajar mengikuti praktik atau pelajaran metode tradisional.

5. Nyaman untuk Anda dan pelajar

Nyaman untuk pelajar, nyaman untuk Anda sebagai pengajar. Ini adalah kunci sukses dalam memberikan metode pembelajaran yang efektif. Jika Anda hanya mencoba untuk mengajar dengan cara sendiri, tetapi tidak mampu membuat pelajar nyaman, maka efektivitas tersebut tidak akan bisa terpenuhi.

Ilustrasi (c) Unsplash.com