Return to site

Tips Belajar Online yang Efektif Untuk Semua Pelajar

· e-Learning Indonesia

Terlepas dari di mana Anda berada dalam tahap pembelajaran Anda, mengetahui cara terbaik bagi Anda untuk belajar adalah kunci pertumbuhan intelektual. Pertumbuhan tidak dapat dicapai dalam hidup Anda dengan cepat jika Anda tidak menyimpan informasi sebanyak mungkin. Namun bagian rumit tentang belajar adalah kenyataan bahwa tidak ada metode universal yang cocok untuk semua orang. Setiap orang berbeda dalam cara mereka belajar. Meskipun masing-masing dari kita memiliki gaya dan preferensi belajar yang berbeda, tip belajar online ini kami harap dapat membantu Anda.

1. Pilih Waktu dan Tempat Terbaik untuk Belajar

Tips pembelajaran online ini tidak hanya berlaku untuk pembelajaran online tetapi juga offline/fisik. Memilih waktu untuk belajar sangat penting untuk memaksimalkan energi dan belajar dengan lebih efisien. Kita semua memiliki tingkat energi yang berbeda sepanjang hari, dan beberapa dari kita lebih suka melakukan aktivitas tertentu pada titik-titik tertentu dalam sehari.

2. Memiliki catatan

Meskipun Anda tidak belajar secara fisik di sekolah atau di ruang kelas, membuat catatan tetap menjadi bagian penting dari pembelajaran dan tumbuh secara intelektual. Seberapa baik catatan Anda akan menentukan seberapa berguna mempelajarinya nanti. Pencatatan yang baik adalah ketika catatan ditulis atau dilihat sedemikian rupa sehingga Anda mengetahui urutan informasi yang diangkat didalam seputar catatan tersebut.

3. Lihat dan Sederhanakan

Melihat catatan tentunya akan sangat membantu Anda. Anggap ini sebagai petunjuk yang dapat Anda gunakan untuk mengingat informasi. Tetapi daripada menunggu sampai ujian besar atau tanggal penting lainnya, kami sarankan untuk membiasakan diri menghabiskan setengah jam setiap hari untuk meninjau konten atau catatan. Dengan meninjau berbagai hal secara konstan, Anda lebih mudah untuk mengingat informasi yang harus Anda ingat.

4. Belajar dalam Grup (Online atau Offline)

Mirip dengan berbicara dengan guru Anda atau menggunakan umpan balik, mendiskusikan topik dengan orang lain di sekitar Anda adalah cara lain yang dapat Anda lakukan untuk membantu meningkatkan pembelajaran Anda. Ada manfaat lain juga dengan memiliki seseorang untuk mengajukan pertanyaan dan belajar bersama. Ini memungkinkan Anda untuk lebih fokus, lebih terikat dengan orang lain dan dapat membantu Anda tumbuh dan mempertahankan motivasi juga. Belajar dalam kelompok juga membantu Anda belajar dengan lebih efisien dan efektif.

Ilustrasi (c) Unsplash.com