Return to site

Tips Untuk Membantu Siswa Anda Belajar Online

· Tips Pembelajaran

Sekolah dan guru di seluruh negeri berebut untuk menyediakan pilihan pembelajaran online bagi siswa. Bagaimana guru yang terbiasa mengajar di kelas dapat menyediakan lingkungan belajar online yang efektif untuk semua siswanya, terlepas dari akses dan kebutuhannya? Dibutuhkan banyak kesabaran, fleksibilitas, dan kreativitas. Berikut adalah tips untuk membantu siswa Anda belajar online.

1. Bantu siswa Anda online

Pandemi virus corona telah menyoroti ketidaksetaraan yang dihadapi banyak siswa di rumah. Jangan berasumsi bahwa semua siswa Anda bisa online secara konsisten. Untungnya, banyak perusahaan internet dan organisasi luar telah melangkah untuk mencoba dan menyediakan lebih banyak cakupan untuk membantu siswa belajar. Panduan dari Highspeedinternet.com ini menyediakan daftar sumber daya untuk membantu siswa memelihara atau menemukan akses internet.

2. Pelajari platform online Anda

Sebagian besar universitas sudah menawarkan platform pembelajaran online, dan banyak sekolah menengah, sekolah menengah, dan sekolah dasar juga mengadopsi platform khusus untuk siswa dan guru untuk terhubung. Sebelum Anda mulai mengajar online, biasakan diri Anda dengan platform yang ditawarkan distrik atau sekolah Anda. Tinjau semua fungsi platform sehingga Anda dapat memanfaatkannya sebaik mungkin.

3. Kenali bahwa siswa Anda memiliki tingkat kemahiran teknologi yang berbeda

Sebagian besar dari kita berasumsi bahwa setiap orang di generasi muda adalah pengguna media online dan akan beradaptasi dengan sempurna dengan situasi pembelajaran jarak jauh. Itu tidak benar untuk setiap siswa. Karena di Indonesia ada banyak siswa yang tidak memiliki akses internet, yang mencakup banyak siswa berpenghasilan rendah dan tunawisma.

4. Berhati-hatilah dalam mengatur lingkungan rumah Anda

Pikiran muda mudah teralihkan, jadi jangan memulai dengan langkah yang salah saat mempersiapkan lingkungan belajar di rumah Anda. Temukan area yang tenang di rumah Anda, terutama jika Anda sedang mempersiapkan rekaman atau video atau melakukan presentasi langsung.

5. Berikan pilihan pembelajaran yang berbeda

Mengajak semua siswa Anda ke dalam konferensi video untuk materi dan diskusi langsung itu bagus, tetapi tidak setiap siswa akan memiliki kemampuan untuk berpartisipasi. Mungkin internet mereka tidak bisa menangani streaming video

6. Buat konten yang lebih pendek

Belajar di rumah bisa jadi sulit bagi siswa, terutama dengan saudara kandung dan anggota keluarga lainnya di rumah. (Belum lagi gangguan dari televisi, video game, dan telepon.) Buat siswa Anda tetap terlibat dengan membuat pelajaran yang singkat. Pikirkan tentang bagaimana Anda dapat memecah materi menjadi potongan-potongan kecil dan menemukan lembar kerja pendek, video, atau tugas licik yang dapat diselesaikan siswa dengan cepat.