Return to site

Tren Pendidikan Online Yang Meningkat & Kesiapan Platform untuk Menyongsong Masa Depan

· Blended Learning

Anda pasti ingat kutipan inspiratif dari Nelson Mandela tentang pendidikan: "Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat Anda gunakan untuk mengubah dunia." Ungkapan tersebut tetap relevan hingga saat ini. Di era digital, pendidikan telah memiliki dampak yang lebih besar daripada yang pernah dibayangkan oleh banyak orang. Kemajuan teknologi membuka banyak metode belajar yang beragam, salah satunya adalah e-Learning. Terutama selama pandemi, belajar online menjadi kebutuhan mendesak ketika siswa tidak dapat menghadiri kelas di sekolah dan harus belajar dari rumah melalui video streaming atau platform obrolan video lainnya.

Namun, manfaat e-Learning tidak hanya berlaku untuk siswa sekolah. Pasar pengembangan diri juga mengalami pertumbuhan pesat. Proses pendidikan memainkan peran sentral dalam kehidupan para profesional modern. Dengan adanya pendidikan online, individu dapat meningkatkan keterampilan mereka atau bahkan beralih ke karier baru dengan mempelajari keterampilan yang relevan. Selain itu, di pasar kerja yang kompetitif, pekerja yang cerdas dan inovatif sangat diperlukan untuk menjaga bisnis tetap unggul dalam persaingan.

Seiring dengan itu, penting juga untuk mengenali bahwa banyak orang tidak tertarik untuk bekerja di tempat kerja yang tidak memberikan kesempatan belajar dan berkembang. Dalam sebuah survei yang dilakukan oleh AccessPerks, sekitar dua pertiga responden menyatakan bahwa kebijakan pembelajaran dan pengembangan menjadi prioritas utama dalam lingkungan kerja mereka. Dengan kata lain, bisnis dan karyawan merindukan kehadiran alat e-Learning.

Salah satu faktor kunci di balik pertumbuhan pesat e-Learning adalah ketersediaan berbagai kursus online. Namun, kursus-kursus ini tidak akan ada tanpa platform yang memungkinkan pembuatan dan distribusi mereka. Apakah Anda berminat untuk menggunakan latar belakang pendidikan Anda untuk menciptakan dan mempromosikan kursus online demi mendapatkan penghasilan tambahan? Atau mungkin Anda memiliki bisnis dan ingin menyusun program pelatihan bagi pelajar dan karyawan saat ini serta yang akan datang?

Dalam situasi apa pun yang Anda hadapi, Anda dapat memanfaatkan platform pendidikan online atau sistem manajemen pembelajaran (Learning Management System/LMS) yang sudah ada dan siap untuk digunakan dengan cepat tanpa perlu memulai pengembangan dari awal. Dengan begitu banyak pilihan platform yang berbeda, penting untuk memilih dengan cermat platform yang solid dan dapat mengakomodasi kebutuhan Anda. Dengan beragam opsi yang tersedia di pasar, Anda akan dapat menemukan platform pendidikan online yang tepat bagi Anda.