Return to site

Yang Harus Diketahui Dalam Metode Pembelajaran e-Learning

· e-Learning Indonesia

Metode pembelajaran e-Learning yang dilakukan oleh kampus/sekolah adalah untuk memberikan efektivitas dan efisiensi dalam proses belajar dan mengajar. Tak hanya bisa dilakukan dalam lingkup nasional saja. Ketika infrastruktur pendidikan dan sarana pendukung dalam teknologi pendidikan semakin canggih, e-Learning bukan lagi tidak mungkin dilakukan untuk mahasiswa lintas negara. Artinya, mahasiswa Indonesia yang ingin belajar di Hardvard University, bisa juga dilakukan dari Indonesia. Yang mana, pelajar dari Indonesia cukup mengikuti pendidikan dari Indonesia. Memang hal ini untuk saat ini masih terlampau jauh.

Jika kita berbicara masa kini, metode pembelajaran e-Learning ini akan adalah untuk mendukung pembelajaran pada saat terjadi hal yang tidak terduga. Misal, membludaknya jumlah pelajar yang diterima di kampus, dengan e-Learning ini pelajar memiliki kesempatan pembelajaran yang sama. Selain itu, berikut adalah beberapa hal yang perlu diketahui melalui metode pembelajaran e-Learning.

1. Pastikan semua pelajar dan administrator memiliki akses

Satu hal penting dalam e-Learning adalah akses untuk pelajar dan administrator. Bagaimana tidak, akses ini merupakan pintu utama dalam membuka sistem e-Learning. Dari sini pelajar dan pengajar akan menerima dan memberikan materi pelajaran yang harus dilakukan baik oleh keduanya.

2. Pemahaman orang tua terhadap sistem belajar online

Banyak orang tua yang masih belum sadar akan kehadiran sistem pembelajaran online ini. Mereka mengira, putra/putrinya di depan komputer atau gadget hanya untuk main-main saja. Maka dari itu, pelajar dan pengajar harus bisa menjelaskan kepada orang tua bahwa ada metode pembelajaran e-Learning yang diberikan oleh sekolah untuk mendukung pembelajaran. Sehingga, orang tua menjadi lebih sadar akan hal tersebut dan memberikan bimbingan atau setidaknya memberikan pengawasan terhadap putra/putrinya untuk mengikuti proses belajar.

3. Tidak harus memberikan yang sempurna, cukup memberikan yang terbaik

Setiap orang tentu ingin mendapatkan hasil yang sempurna. Pelajar, pengajar maupun orang tua ingin hal tersebut. Tetapi, bukan kesempurnaan dalam pendidikan yang harus Anda cari melainkan hasil yang terbaik. Jika sistem dalam pendidikan dianggap sempurna, maka tidak akan ada pembaruan dalam metode pembelajaran. Apa yang didapatkan pun akan sama dan tidak ada perkembangan. Maka dari itu, jauhkanlah mindset Anda untuk mendapatkan pendidikan yang sempurna, tetapi pilihlah yang terbaik.

Ilustrasi (c) Unsplash.com