Return to site

3 Tips Bagi Pengajar Untuk Melakukan e-Learning (School From Home)

· e-Learning Indonesia,Sistem LMS Indonesia

Virus corona telah menyebabkan penutupan sekolah yang meluas untuk jangka waktu yang tidak diketahui. Guru berebut untuk menemukan cara untuk mendukung siswa dari jauh melalui pembelajaran jarak jauh dan online. Jika Anda merasa terbebani dengan tugas yang menakutkan ini, Anda tentu tidak sendirian.

Semua guru juga kesulitan menjangkau siswa di luar kelas. Selama beberapa tahun, Anda mengajar di komunitas di mana siswa berjuang untuk bersekolah di dalam kelas secara konsisten. Untuk membantu siswa yang datang mendapatkan materi, dan mengajarkan secara instruksional berbasis penguasaan, serba cepat, yang memberdayakan semua siswa belajar

Melalui mengajar siswa dan melatih pendidik, Anda dapat belajar banyak cara untuk membuat dan menerapkan instruksi digital dan pembelajaran mandiri secara efektif. Di sini kami akan membagikan beberapa kiat dan dukungan lebih lanjut untuk mengembangkan pembelajaran jarak jauh yang efektif. Berikut adalah beberapa hal yang dapat membantu Anda menciptakan pengalaman pembelajaran jarak jauh yang berkelanjutan dan menarik bagi siswa Anda.

1. Kesederhanaan adalah kunci

Setiap guru tahu bagaimana menjelaskan instruksi baru kepada siswanya. Biasanya dimulai dengan panduan seluruh kelompok, diikuti dengan aliran pertanyaan yang tak ada habisnya dari siswa untuk mengklarifikasi langkah selanjutnya. Meskipun proses ini terkadang bisa membuat frustasi, siswa selalu dapat mengandalkan satu sama lain dan guru di ruangan saat mereka mengalami kesulitan.

Salah satu tantangan pembelajaran jarak jauh adalah Anda dan siswa tidak lagi berada di ruangan yang sama untuk menangani kesalahpahaman secara kolektif. Sebaliknya, sebagian besar waktu belajar pasti akan didorong oleh tugas-tugas yang membutuhkan pengarahan.

Hasilnya, kesederhanaan adalah kuncinya. Sangat penting untuk merancang pengalaman pembelajaran jarak jauh yang memiliki instruksi yang sangat jelas dan hanya memanfaatkan satu atau dua sumber daya. Jika memungkinkan, sebaiknya sediakan sumber daya seperti membaca dalam bentuk PDF yang selalu dapat diakses siswa.

2. Membangun dasar rumah digital

Dalam semangat kesederhanaan, sangat penting untuk memiliki basis digital bagi siswa Anda. Ini bisa berupa sistem pengelolaan pembelajaran yang disediakan oleh swasta seperti dengan menggunakan sistem Learning Management System (LMS). Karena Anda memerlukan satu platform digital yang selalu dapat dikunjungi siswa Anda untuk mendapatkan informasi terbaru dan terkini. Mungkin Anda tergoda untuk beralih di antara semua aplikasi EdTech yang sepertinya sangat mutakhir dan modern. Tetapi Anda harus ingat bahwa kesederhanaan dan keakraban sangat berharga. Siswa perlu merasa nyaman pergi ke tempat yang sama untuk mengakses alat yang sama.

3. Prioritaskan tugas yang lebih lama

Efisiensi adalah kunci saat merancang pengalaman pembelajaran jarak jauh. Perencanaan akan membutuhkan lebih banyak waktu dan membutuhkan perhatian yang tinggi terhadap detail. Anda tidak akan bisa memperbaiki kesalahan dengan cepat.Untuk mengelola waktu secara efektif, Anda harus bisa memprioritaskan tugas yang lebih lama terlebih dahulu yang harus diselesaikan oleh siswa dan tugas yang memberi Anda waktu untuk terus merencanakan hal lainnya. Fokus pada pembangunan menuju proyek jangka panjang di mana siswa memiliki otonomi dan serangkaian pos pemeriksaan yang jelas serta tenggat waktu yang perlu dipenuhi. Jika memungkinkan, ciptakan kesempatan bagi siswa untuk mendiskusikan apa yang mereka pelajari dengan keluarga mereka dan sertakan elemen pilihan siswa untuk benar-benar membangun keterlibatan.

Ilustrasi (c) Unsplash.com