Return to site

Tips Untuk Mengikuti Kelas Online Bagi Siswa

· Tips Pembelajaran

Mengikuti kelas online terkadang akan membuat Anda mudah bosan. Tetapi, ini bukan alasan bagi Anda untuk tidak mengikuti kelas dengan baik. Pasalnya, era digital semakin berkembang dan e-Learning akan semakin menjadi pembelajaran yang akan diadopsi di seluruh dunia di masa depan untuk melakukan efisiensi. Guna mencapai sistem pendidikan online yang baik, selain dimulai oleh pengajar juga harus diawali oleh pelajar itu sendiri. Berikut adalah beberapa tips untuk mengikuti kelas online bagi siswa.

1. Miliki jadwal dan kelola waktu yang teratur

Buatlah jadwal dalam satu semester dan kalender mingguan. Pada hari pertama kelas, bacalah silabus kursus dan masukkan semua tanggal jatuh tempo di kalender Anda, bersama dengan pengingat untuk tanggal akhir. Pelajar juga harus berkomitmen untuk belajar atau berpartisipasi dalam kelas online. Prioritaskan apa yang menjadi tugas sekolah yang harus dilakukan. Informasi apa yang paling penting untuk Anda pelajari? Tugas apa yang paling bernilai? Buatlah keputusan cerdas tentang cara terbaik menggunakan waktu Anda.

2. Tetap teratur dan teliti

Miliki ruang belajar khusus yang bebas gangguan sehingga Anda dapat fokus pada pekerjaan dan sekolah Anda. Selalu mempersiapkan diri seolah-olah Anda memburuhkan informasi yang harus dipelajari. Atur informasi dengan membuat bagan, garis besar, panduan belajar, kartu flash, peta konsep dan peta bab. Buat ujian praktik untuk mengevaluasi penguasaan materi Anda. Gunakan strategi pengambilan tes yang cerdas. Sebelum kuis atau ujian, tuliskan rumus atau informasi lain yang mungkin Anda perlukan. Survei ujian sebelum memulai dan menganggarkan waktu Anda. Mulailah dengan pertanyaan tes termudah dan lanjutkan ke pertanyaan yang lebih sulit.

3. Tetap terlibat sepanjang kursus

Selalu melakukan pratinjau dan mengulas setiap pelajaran, hadiri secara langsung / sesi kelas virtual dan buat catatan aktif yang Anda perlukan. Analisis semua kuis dan tes yang dikembalikan serta terimalaj setiap umpan balik instruktur untuk kemudian dikembangkan menjadi sebuah rencana untuk peningkatan kemampuan Anda. Manfaatkan jam kelas secara teratur dan ajukan pertanyaan kepada instruktur atau siswa lain jika diperlukan.

4. Jaga diri dan kesehatan

Cari kesempatan terbaik dalam mengikuti pelajaran agar mendapatkan nilai terbaik dan peningkatan kemampuan belajar untuk motivasi Anda. Mengingat tujuan yang sedang Anda upayakan akan membantu Anda saat Anda mengatasi tantangan menjadi siswa. Jaga kesehatan dengan istirahat, nutrisi dan olahraga yang cukup. Gunakan self-talk positif untuk mengurangi kecemasan. Jadwalkan waktu untuk mengurus diri sendiri dan habiskan waktu bersama teman dan keluarga.

Ilustrasi (c) Unsplash.com