Return to site

Apakah e-Learning Anda Perlu Pembaruan?

· e-Learning Indonesia

Seringkali kursus e-Learning dan materi pelatihan hanya diperbarui ketika perangkat lunak baru dirilis atau ketika anggaran baru tersedia! Jadi untuk membantu menambahkan sedikit pengalaman dalam pembelajaran dan pengembangan Anda, kami telah menyoroti beberapa hal untuk membantu menyegarkan rencana pelatihan Anda sebagai bentuk pembaruan dalam proses e-Learning yang Anda jalankan.

1. Sumber daya

Jika Anda memiliki banyak kursus, sumber daya, dan program sekaligus, mungkin sulit untuk mengetahui dari mana harus memulai. Namun jika Anda tidak mengambil langkah mundur dan meninjau e-Learning Anda saat ini, Anda tidak akan dapat membedakan mana yang harus Anda perbarui. Berikut adalah beberapa poin penting yang masuk dalam sumber daya dalam e-Learning yang perlu Anda pertimbangkan untuk dimasukkan dalam daftar pembaruan.

  • Tinjau kursus, program, dan sumber daya Anda saat ini dan pastikan bahwa itu masih relevan dan melakukan pekerjaan yang diinginkan.
  • Pastikan konten Anda sudah mengikuti apa yang disukai oleh pelajar saat ini.
  • Apakah Anda memiliki teknologi pembelajaran yang tepat untuk pengajar dan pelajar?
  • Apakah Anda cukup memanfaatkan materi dan sumber daya e-Learning yang ada?
  • Sudahkah Anda menyelesaikan analisis kebutuhan organisasi Anda

2. Mempersiapkan apa yang perlu dilakukan.

Setelah Anda meninjau inventaris, sumber daya, dan aset Anda saat ini, mulailah menyusun tahap berikutnya yaitu mempersiapkan apa yang perlu dilakukan. Jika Anda mengembangkan kursus atau program E-Learning baru atau memperbarui yang sudah ada, Anda perlu menjawab beberapa pertanyaan berikut ini

  • Apakah Anda sudah menyiapkan konten yang diperlukan?
  • Sudahkah Anda menyiapkan ahli materi pelajaran Anda?
  • Setelah meninjau program, Anda mungkin mendapati bahwa program tersebut perlu direstrukturisasi atau ada elemen yang masih ingin Anda pertahankan, tetapi Anda tidak yakin apakah program tersebut masih efektif secara pendidikan. Ketahui kapan harus mendelegasikan!

3. Melibatkan semua orang di lembaga

Memiliki dukungan dan keterlibatan untuk e-Learning di lembaga Anda adalah kunci keberhasilannya. Informasikan dan libatkan pengajar dan pejabat lembaga pendidikan tentang e-Learning yang ingin Anda perbarui. Jangan lupa untuk selalu mengingatkan manfaat pelatihan dan e-Learning karena hal ini akan membantu Anda mendapatkan dukungan untuk memaksimalkan proses pembelajaran menggunakan elearning. Demikian pula, jangan lupa untuk melaporkan keberhasilan program e-Learning baru Anda yang telah direvitalisasi!

Ilustrasi (c) Unsplash.com