Return to site

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Sistem Manajemen Pembelajaran (LMS)

· Sistem LMS Indonesia

Learning Management Systems (LMS) memberi pelajar informasi pendidikan yang dibutuhkan untuk membawa hasil yang lebih maksimal. Retensi ini karena pelajar biasanya lebih bahagia dengan keterampilan mereka, merasa dihargai, dan memiliki kepuasan kerja yang tinggi. LMS adalah salah satu cara paling efektif dan efisien untuk mempertahankan keunggulan kompetitif dalam angkatan kerja yang terus berkembang. Itulah mengapa kami telah menyusun daftar hal yang dapat Anda cari saat memeriksa sistem manajemen pembelajaran.

1. Kemudahan penggunaan

Salah satu hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah kegunaan sistem manajemen pembelajaran. Berikut adalah beberapa pertanyaan yang dapat Anda tanyakan pada diri sendiri saat memeriksa solusi:

  • Seberapa mudah bagi pelajar untuk menavigasi melalui kursus?
  • Apakah sistem ini memiliki kemampuan untuk mengirimkan sertifikasi atau skor dengan cepat?
  • Apakah LMS dapat disesuaikan dengan kebutuhan lembaga saya?
  • Berapa lama proses onboardingnya?
  • Apakah saya akan memiliki personel khusus yang membantu saya dengan implementasi sistem?

2. Pelaporan

Kemampuan pelaporan sangat penting karena membantu Anda memantau keberhasilan atas investasi LMS Anda. Laporan khusus, termasuk keterlibatan pelajar dan tingkat penyelesaian, menunjukkan keberhasilan platform pembelajaran Anda. Partisipasi waktu nyata dan pemantauan peristiwa yang terdapat pada solusi manajemen pembelajaran dapat membantu Anda menentukan apakah Anda memberikan kursus yang bermanfaat. Pemantauan juga dapat membantu Anda mengukur apakah pelajar menyelesaikan studi yang ditugaskan kepada mereka.

3. Fungsionalitas

Fungsionalitas adalah aspek penting lain yang perlu diingat saat memeriksa platform LMS. Namun, bagaimana Anda memutuskan apakah sistem eLearning berfungsi? Sebagai permulaan, periksa untuk melihat apakah sistem dapat diakses oleh siapa saja, di mana saja. Salah satu manfaat dari sistem manajemen pembelajaran berbasis cloud adalah aksesibilitas. Pekerja dapat belajar kapanpun dan dimanapun mereka inginkan. Selain aksesibilitas, platform fungsional akan dapat diskalakan sesuai kebutuhan Anda. Apakah platform seluler berbasis web Anda dioptimalkan dengan kemampuan blended learning untuk penggunaan online atau offline? Jika sistem tidak dapat tumbuh secara organik dengan organisasi Anda, ini mungkin bukan solusi fungsional jangka panjang.

4. Model Pengalaman Pelanggan

Jika Anda akan membuat program pelatihan yang komprehensif, pastikan Anda memiliki dukungan pelanggan yang responsif dan andal. Sebagian besar program pelatihan memerlukan penjadwalan lanjutan dan pergeseran hari kerja pelajar. Jika terjadi masalah, Anda ingin akses langsung ke jawaban. Selain dukungan vendor online, pusat sumber daya menyediakan alat yang berharga. Pusat sumber daya atau hub dukungan dapat membantu dengan cepat menjawab pertanyaan yang mungkin Anda miliki saat mengoperasikan sistem.