Return to site

Jauhi Hal Ini Agar Implementasi e-Learning Tidak Terhambat

· e-Learning Indonesia

Ada beberapa hal yang dapat memberikan pengaruh atau berpotensi menghambat proses belajar dengan metode pembelajaran online/e-Learning. Apabila Anda memiliki rencana untuk mulai menerapkan e-Learning di kampus/sekolah Anda mulai tahun 2020 ini, ada baiknya Anda menghindari beberapa hal yang berotensi menghambat e-Learning berikut ini:

1. Terlalu nyaman dengan penggunaan teks yang berlebihan

Pelajar memang sudah diharuskan untuk mempelajari suatu mater dengan teks. Namun, dalam metode pembelajaran e-Learning yang terlalu bergantung pada penggunaan teks akan menjadi hal yang sama membosankannya dengan metode pembelajaran tradisional. Dengan internet dan teknologi digital yang sudah berkembang dengan baik seperti sekarang, sudah saatnya pihak kampus/sekolah untuk mengurangi penggunaan teks pada sistem pembelajaran online. Sebagai gantinya, pengajar dapat menerapkan metode pembelajaran ini dengan beberapa materi pendukung seperti gamifikasi, audio, visual dan video.

2. Enggan membuat sistem terintegrasi

Hasil ujian berbasis tradisional dan hasil ujian berbasis online haruslah diintegrasikan pada sistem Anda. Jika Anda tidak membuat sistem yang terintegrasi, maka ini dapat mengganggu kenyamanan para pelajar dalam melihat hasil ujian yang mereka dapatkan. Untuk itu, akan lebih mudah bagi pelajar jika Anda membuat sistem pembelajaran yang terintegrasi dengan baik. Tujuan utamanya agar para pelajar lebih mudah untuk melihat pembaruan hasil ujian dan bagi pengajar sendiri, hanya perlu memasukkan satu kali data pada sistem.

3. Navigasi halaman yang tidak bersahabat

Ada banyak sistem LMS yang bisa digunakan diluar sana atau Anda juga dapat mengembangkan sistem sendiri. Namun, perlu Anda ingat, jika Anda mengembangkan sistem LMS sendiri atau ketika Anda menggunakan sistem LMS dari penyedia, pastikan bahwa navigasi sistem dapat dengan mudah dipahami oleh pelajar atau user friendly.

4. Tidak memberikan pelatihan

Penghambat keberhasilan pembelajaran online adalah kurangnya pelatihan terhadap para pengajar untuk menggunakan sistem LMS dan juga kurangnya pelatihan terhadap pelajar agar terbiasa menggunakan LMS. Jangan biarkan hal ini terjadi ketika Anda mulai menerapkan sistem pembelajaran online. Agar proses ini dapat berjalan dengan baik maka pengajar dan pelajar harus mendapatkan pelatihan yang cukup agar terbiasa dengan sistem yang dimiliki.

Mau tahu lebih banyak tentang implementasi e-learning dan solusinya? Hubungi kami melalui email di hi@akubelajar.id sekarang juga. Kami akan memberikan sistem LMS yang paling tepat untuk Kampus/sekolah Anda.

Ilustrasi (c) Unsplash.com

All Posts
×

Almost done…

We just sent you an email. Please click the link in the email to confirm your subscription!

OK