Return to site

Solusi Untuk Menyelesaikan Masalah Ini Dengan LMS

· Sistem LMS Indonesia

Ada banyak masalah yang tentu dihadapi oleh para pengajar ketika ingin memberikan metode pembelajaran terbaik untuk anak didiknya. Namun, dikarenakan yang mereka pikirkan adalah sebatas usaha sesuai dengan apa yang menjadi kebiasaan lama, maka sering kali apa yang dilakukan tidak benar-benar memberikan solusi. Sedangkan ketika pihak kampus/sekolah menggunakan sistem LMS, masalah-masalah yang umum tersebut dapat benar-benar diatasi dengan baik dan menyelesaikan masalah sesuai dengan harapan yang diinginkan. Berikut adalah beberapa hal yang sering menjadi masalah bagi para pengajar ketika mengajar dan benar-benar selesai dengan bantuan LMS.

1. Minimnya waktu untuk berinteraksi dengan pelajar

Dengan melakukan metode pembelajaran tradisional, pengajar akan selalu menyita waktu dengan memberikan tugas kepada pelajar untuk mencatat suatu materi terlebih dahulu. Kemudian, ketika waktu sudah dianggap cukup, pengajar meminta pelajar menulis dan dan pengajar menjelaskan materi yang dicatat sebelumnya. Metode seperti ini sejatinya sudah cukup kurang efisien untuk memberikan waktu lebih dalam berinteraksi. Karena, ketika pelajar ingin mengajukan suatu pertanyaan, waktu/jam pelajaran sudah habis. Hasilnya, ada beberapa atau sebagian pelajar yang tidak benar-benar memahami materi. Namun, ketika pengajar atau kampus sudah menggunakan LMS, waktu mencatat dapat ditunda atau diganti dengan mencetak/mengunduh file materi pada sistem LMS yang kemudian para pelajar dapat langsung mendengarkan penjelasan dari suatu materi yang sudah didapatkan dari LMS tersebut. Hasilnya, waktu yang dimiliki oleh pengajar dan pelajar pun akan lebih banyak untuk digunakan sebagai interaksi tambahan seperti tanya jawab atau kuis dan lain sebagainya.

2. Kurangnya pelatihan untuk pelajar

Memberikan pelatihan secara langsung kepada pelajar akan jauh lebih efektif dalam memberikan pendidikan dan pemahaman yang tepat guna. Jika pihak sekolah/kampus selalu kurang dalam memberikan pelatihan kepada mahasiswa/pelajar, tentunya ini akan terus kurang optimal bagi para pelajar. Sebaliknya, jika Anda menggunakan sistem LMS, interaksi antara mahasiswa dan pengajar akan semakin membaik, waktu yang dimiliki oleh pengajar juga semakin senggang, maka pelatihan dapat dilakukan dengan jadwal rutin. Hal ini akan meningkatkan kemampuan para pelajar dalam memahami suatu materi dan lebih siap untuk digunakan ketika sudah lulus dan bekerja di perusahaan maupun ketika sudah memiliki bisnis sendiri.

Apakah Anda masih ingin mencari tahu hal-hal apa lagi yang dapat menjadi solusi sistem LMS untuk kemudahan pengajar dalam memberikan pembelajaran kepada para pelajar? Silakan hubungi kami melalui email di hi@akubelajar.id. Tim AkuBelajar.ID akan menjelaskan lebih rinci mengenai apa saja yang akan Anda dapatkan ketika sudah menggunakan sistem LMS. Tunggu apa lagi, hubungi kami sekarang juga!

Ilustrasi (c) Unsplash.com