Return to site

Peningkatan Visi dan Perencanaan Dalam e-Learning

· e-Learning Indonesia

Sangat penting bagi pengajar untuk memahami bagaimana lembaga memiliki visi yang jelas tentang apa yang perlu dicapai oleh program untuk menentukan hasil pembelajaran dan mendokumentasikan hasil tersebut. Ini tentunya akan membantu lembaga dalam melihat pencapaian yang didapat dalam pembelajaran dan juga untuk memaksimalkan proses perencanaan pembelajaran yang lebih maksimal dalam pembelajaran e-Learning. Adapun ada beberapa hal yang dapt dilakukan oleh lembaga untuk melakukan peningkatan visi dan perencanaan dalam menjalankan proses pembelajaran e-Learning.

1. Pahami titik awal pembelajaran

Pada langkah utama dalam meningkatkan visi dalam mencapai keberhasilan pembelajaran online dalah dengan menyejajarkan pemangku kepentingan dengan pandangan bersama tentang cara menggunakan pembelajaran berbasis data untuk mengubah proses belajar semua pelajar. Pada proses ini, lembaga akan menemukan tantangan yang akan Anda hadapi namun dari sini pula Anda akan menemukan bagaimana cara mengatasinya. Langkah awal ini adalah gerbang untuk menemukan perencanaan yang tepat bagi Anda dan para pelajar.

2. Tentukan visi pendidikan dan pembelajaran online

Proses dalam pengembangan visi dan mendokumentasikan setiap strategi untuk mewujudkan pembelajaran online yang maksimal adalah kunci utama dalam proses belajar yang maksimal. Nilai hambatan dan peluang yang dapat membantu atau menghalangi tujuan Anda adalah bagian dari proses memaksimalkan visi dan strategi dalam proses pembelajaran online yang maksimal bagi pelajar-pelajar Anda

3. Mendokumentasikan perencanaan pembelajaran online

Dengan mendokumentasikan perencanaan pembelajaran online yang akan Anda jalankan akan membantu Anda dalam memahami kekuatan dan kelemahan visi dan strategi Anda. Dokumentasi setiap tindakan juga akan membantu Anda menemukan metode dalam menyelesaikan setiap celah proses pembelajaran yang dapat memperlambat proses penyampaian materi kepada para pelajar.

Selain dengan mendokumentasikan perencanaan pembelajaran, Anda juga perlu mendokumentasikan setiap proses perencanaan pembelajaran online melalui road map yang dapat dilihat oleh setiap tenaga pengajar. Hal ini akan membantu mereka menyampaikan materi sesuai dengan kurikulum dan juga sesuai dengan metode maupun strategi yang sudah ditetapkan oleh lembaga. Penggunaan sistem LMS akan membantu menyimpan semua data hasil pembelajaran yang dicapai oleh pelajar yang dapat dijadikan tolok ukur bagi pengajar dalam melakukan revisi road map pembelajaran agar dapat kembali pada tujuan semula. Seperti untuk mencapai visi dan misi lembaga dan untuk mendukung kebrhasilan pelajar dalam menerima setiap materi yang diberikan oleh pengajar dari waktu ke waktu.

Ilustrasi (c) Unsplasi.com