Return to site

Penyesuaian Konten atau Materi Pembelajaran Untuk Siswa Dengan LMS

· Sistem LMS Indonesia

Konten untuk menjalankan e-Learning, tidak cukup lagi hanya membuat video dan merilisnya dan berharap akan memberikan nilai. Di dunia sekarang ini, Anda harus membuatnya mudah diingat. Dan dalam industri learning and development, Anda perlu membuatnya berkesan dan efektif. Anda harus membuat orang tetap terlibat dan mereka perlu belajar pada saat yang sama. Berikut beberapa tips untuk Anda untuk membantu membuat konten eLearning yang berkesan.

Letakkan cerita di balik konten eLearning Anda

Jika Anda benar-benar ingin konten eLearning beresonansi, letakkan cerita di baliknya. Ambil topik dan ceritakan kisah di sekitarnya. Tujuannya adalah untuk memberi pelajaran kepada pelajar Anda dengan cara yang bukan sekadar dek slide lain yang ditampilkan di layar. Luangkan waktu untuk membuat draf cerita pendek dan anekdot seputar pelajaran yang akan menarik perhatian pelajar dan membuat mereka tetap terlibat.

Jangan takut membuat video untuk rangkaian topik eLearning. Jika Anda memiliki karakter yang sama, cerita yang konsisten dan itu akan membuat lebih mudah diingat. Tujuan Anda saat membuat konten adalah membuat konten dengan cara yang membuatnya lebih mudah diingat oleh pelajar. Ingatan ini akan membuat konsep tidak hanya melekat di benak.

Berkreasilah dengan konten eLearning Anda

Kita semua sudah melewati masa-masa penggunaan slide deck untuk menyajikan materi. Cobalah menggunakan bentuk konten lain untuk berbagi materi. Minta siswa untuk berkreasi dan membuat sesuatu dalam bentuk visual untuk menunjukkan pengetahuan mereka tentang topik tersebut. Metode ini dapat membantu mendorong siswa keluar dari zona nyaman mereka dan membantu mereka mengekspresikan diri dengan cara yang tidak bisa dilakukan dengan hanya menulis. Dan Anda mungkin menemukan bahwa beberapa siswa tampil lebih baik dengan mengekspresikan diri mereka secara visual.

Jadikan konten e-Learning mudah dipahami

Tidak ada yang mengatakan berkesan seperti konten yang mudah dimengerti. Jika konten mudah dipahami, pelajar akan lebih mudah mengingatnya. Salah satu cara untuk melakukannya adalah melalui desain dokumen. Kode warna kertas untuk setiap pelajaran atau kelompok pelajaran sehingga pelajar dapat dengan mudah menemukan yang mereka butuhkan. Mereka akan secara otomatis mengaitkan warna dengan pelajaran, yang akan membuatnya lebih mudah ditemukan. Ini dapat sangat membantu meningkatkan daya ingat dalam hal membuat konten mudah dipahami.