Return to site

Tips Untuk Mengoptimalkan Pengalaman Belajar Online

· e-Learning Indonesia,Sistem LMS Indonesia

Selama beberapa tahun terakhir, akses ke pendidikan telah mengalami revolusi yang mana dari media tradisional ke media online. Yang artinya, pelajar sudah bisa belajar hanya dengan membuka layar, akses sistem dan mulai belajar. e-Learning menawarkan siswa fleksibilitas untuk menguasai keterampilan dan konsep baru pada waktu dan kecepatan mereka sendiri. Tapi seperti hal lainnya, e-learning masih bisa ditingkatkan agar Anda bisa menggunakannya dengan maksimal. Berikut adalah lima tips untuk mengoptimalkan pengalaman belajar online Anda.

1. Pilih suasana yang tepat

Salah satu hal menyenangkan tentang belajar online adalah Anda tidak terjebak dalam ruang kelas yang menyesakkan yang harus Anda jalani melalui segala cuaca untuk mencapainya. Namun, pada saat yang sama, ruang kelas tersebut adalah area yang didedikasikan untuk pembelajaran dan tujuan tunggal tersebut dapat mempermudah fokus dalam belajar. Anda memiliki kesempatan terbaik untuk menyimpan informasi dengan menyiapkan komputer/smartphone Anda di tempat yang nyaman dan minim gangguan di rumah Anda dengan pencahayaan yang baik. Berhati-hatilah untuk menghindari sofa dan kursi yang nyaman, karena terlalu nyaman dapat menyebabkan Anda mengantuk dan menjadikan Anda gagal fokus untuk belajar

2. Mengikuti sesi belajar semaksimal mungkin dengan menerapkan fleksibilitas waktu pembelajaran

Ingat, pembelajaran online adalah tentang fleksibilitas. Hanya karena video berdurasi setengah jam, bukan berarti Anda harus menonton setengah jam penuh itu sekaligus. Jangan ragu untuk mengambil jeda dalam menjalani e-Learning setelah Anda merasa perhatian Anda mulai berkurang. Bangunlah, jalan-jalan sebentar, refreshing atau lakukan tugas lain selama beberapa menit sebelum membuka materi kembali. Ingat, begitu perhatian Anda mulai berkurang, Anda tidak akan menyimpan informasi dengan baik. Sebaiknya berikan pikiran Anda kesempatan untuk beristirahat!

3. Pelajari materi Anda di saat Anda masih merasa segar

Tidak seperti kelas tradisional, Anda tidak selamanya terikat pada jadwal sekolah atau pengajar. Karena Anda dapat belajar kapan pun sesuai jadwal Anda. Pastikan kemudian, untuk mencatat kapan Anda berada dalam kondisi terbaik untuk mengikuti pendidikan.

4. Lihat materi secara berulang

Mengoptimalkan retensi informasi dalam e-Learning tidak hanya soal menonton video. Untuk mempertahankan dan mempelajari konsep dengan baik, Anda sebaiknya menambahkan beberapa langkah tambahan. Cobalah menonton video satu kali tanpa membuat catatan, cukup fokus pada mendengarkan informasinya. Menjauhlah sebentar (satu jam atau sehari, jika Anda memiliki banyak waktu luang), kemudian putar ulang videonya kemudian buatlah catatan

Untuk kedua kalinya, Anda akan memiliki ide yang lebih baik tentang konsep mana yang perlu Anda tulis dan Anda tidak perlu membagi perhatian antara mendengarkan, menilai informasi, dan mencatat. Membuat catatan pada penayangan kedua juga dapat membantu Anda mengingat informasi dengan lebih baik daripada jika Anda membuatnya pada penayangan pertama.

Ilustrasi (c) Unsplash.com