Return to site

Trik Agar Pelajar Semangat Mengikuti Kelas e-Learning

· Sistem LMS Indonesia

Jika ini adalah pengalaman pertama Anda dengan pembelajaran jarak jauh dan Anda tidak yakin tentang bagaimana menyusun hari-hari Anda untuk sukses, sebagai pengajar, Anda harus aktif sejak dini untuk memastikan siswa Anda mengadopsi e-Learning dengan baik. kebiasaan untuk berhasil dalam pembelajaran online. Kemudian, dengan rutinitas yang tepat, Anda akan tahu bahwa itu berhasil ketika siswa sekolah menengah atau sekolah menengah atas Anda bekerja lebih dan lebih mandiri. Berikut adalah beberapa tips untuk dibagikan kepada siswa sekolah yang menjalankan e-Learning atau blended learning untuk membantu memastikan keberhasilannya:

1. Berpikir dan besikap positif

Berkembang melalui perubahan itu sulit tetapi bisa dilakukan dengan sikap positif. Sikap positif tentang pembelajaran online adalah hadiah terbaik yang dapat Anda berikan kepada diri sendiri. Semua yang Anda pelajari, apakah itu subjek yang paling Anda sukai atau yang paling tidak Anda sukai akan membantu Anda tumbuh sebagai pribadi yang lebih baik.

2. Terorganisir dan tetap teratur

Menciptakan ruang belajar yang teratur untuk mengerjakan tugas sekolah akan membuat Anda unggul. Pastikan Anda memiliki ruang untuk buku, komputer, pena, kertas, dan perlengkapan lainnya. Label folder untuk menyimpan kertas dan catatan untuk setiap mata pelajaran. Silakan buat folder elektronik untuk setiap kelas di komputer Anda dan di program ke email Anda.

3. Tetapkan rutinitas yang fleksibel

Meskipun sekolah online dan sekolah blended learning memberi Anda jadwal yang lebih fleksibel, memiliki rutinitas akan membantu Anda tetap pada jalur dengan tugas sekolah Anda. Sebaiknya cari tahu kapan guru Anda memiliki jam kerja, sehingga Anda dapat mengatur jadwal. Dalam pembelajaran online, Anda dapat memvariasikan jadwal Anda bila diperlukan.

4. Tetapkan tujuan pribadi

Untuk membuat hal-hal besar terjadi dalam hidup Anda, ada baiknya menetapkan tujuan untuk diri sendiri. Pikirkan tentang apa yang ingin Anda capai, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Apakah ada kelas yang ingin Anda kuasai semester ini? Mungkin Anda ingin mendapatkan nilai rata-rata tertentu atau mencapai nilai tertentu pada ujian. Mempersiapkan diri untuk kuliah dan masuk ke perguruan tinggi tertentu mungkin juga ada dalam daftar Anda. Pastikan untuk menuliskan tujuan Anda dan memposting daftar di mana Anda akan sering melihatnya.

5. Maksimalkan sumber daya Anda

Sebagai siswa pembelajaran online atau blended learning, Anda memiliki banyak sumber daya bermanfaat yang tersedia. Seperti, teks/bacaan, perpustakaan, alat instruksional online dan situs web tepercaya dapat Anda temukan dengan mudah. Tapi jangan lupa bahwa banyak pula sumber daya manusia yang dapat Anda gunakan, seperti orang tua, guru, konselor sekolah, dan kepala sekolah adalah sumber informasi yang bagus. Aturan praktis yang baik adalah jika Anda telah mencari jawaban selama lebih dari 10 menit, namun tidak dapat Anda kerjakan, segeralah untuk mencari bantuan!